Kamis, 19 September 2019 20:32

Pluim Bawa PSM Unggul 1-0 Atas PS Tira di Babak Pertama

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Willem Jan Pluim
Willem Jan Pluim

Babak pertama pertandingan antara PSM Makassar menjamu PS Tira Persikabo pada laga pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019) telah berakhir.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Babak pertama pertandingan antara PSM Makassar menjamu PS Tira Persikabo pada laga pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019) telah berakhir.

Hasilnya, PSM berhasil unggul 1-0. Gol semata wayang Juku Eja di babak pertama dicetak kapten kesebelasan, Willem Jan Pluim pada menit ke-39.

Mengawali babak pertama, PSM langsung mengambil inisiatif menyerang. Mengandalkan kombinasi pemain senior dan pemain muda, tim Juku Eja langsung merepotkan lini pertahanan anak asuh Rahmad Darmawan tersebut.

Peluang pertama PSM didapatkan pada menit ke-2 saat umpan lambung Rizky Eka Pratama disambut dengan sundulan kepala Ferdinand Sinaga. Sayangnya, sundulan Ferdinand masih membentur mistar gawang bagian atas Tira Persikabo.

Berselang satu menit kemudian, giliran M Rahmat yang melepaskan umpan crossing kepada Ferdinand di dalam kotak penalti. Sayang, sundulan Ferdinand masih lemah dan berhasil diamankan penjaga gawang Tira Persikabo, Angga Saputra.

Pada menit ke-13, PSM kembali memperoleh peluang dari sepak pojok kapten PSM, Willem Jan Pluim. Namun, sepakan Aaron Evans yang maju ke depan membantu penyerangan hanya menyamping di sisi kiri gawang Tira Persikabo.

Pada 15 menit awal babak pertama, PSM tampak mendominasi pertandingan. Willem Jan Pluim dan Rizky Eka Pratama beberapa kali melakukan terobosan-terobosan berbahaya ke dalam kotak penalti Tira Persikabo.

Pada menit ke-17, tuan rumah kembali memperoleh peluang emas setelah Ferdinand memberikan assist kepada M Rahmat di dalam kotak penalti. 

Sayang, tendangan Rahmat yang sudah berhadapan dengan kiper Tira Persikabo masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Ferdinand lagi-lagi gagal memanfaatkan peluangnya pada menit ke-21. Berawal dari umpan lambung Hasim Kipuw disambar dengan sundulan kepala oleh The Dragon, julukan Ferdinand. Sayang, sundulan Ferdinand kembali melambung di atas gawang.

Dua menit kemudian, aksi solo run Willem Jan Pluim kembali mengancam gawang Tira Persikabo. Namun, sepakan Pluim dari dalam kotak penalti masih melebar di sisi kanan gawang Angga Saputra.

Pada menit ke-33, Marc Klok melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Hanya saja, tendangan Klok masih melebar di sisi kiri gawang Tira Persikabo. 

Empat menit kemudian, giliran tendangan keras M Rahmat setelah melakukan solo run juga melebar di sisi kanan gawang.

Serangan bergelombang PSM akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39 setelah kapten PSM, Wiljan Pluim mencetak gol untuk membawa timnya unggul. 

Gol Pluim tersebut berawal dari assist Rahmat kedepan kotak penalti. Umpan Rahmat langsung disambut dengan tembakan keras mendatar oleh Pluim ke arah pojok kanan bawah gawang Tira Persikabo hingga memperdaya Angga Saputra. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Setelah tertinggal, Tira Persikabo mencoba melakukan serangan demi serangan. Peluang pun didapatkan Tira Persikabo melalui tendangan bebas Ciro Alves pada menit ke-41. Beruntung, penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit masih sigap menahan tembakan keras Ciro dengan kaki kanannya.

Di injury time babak pertama, PSM tercatat dua kali membahayakan gawang Tira Persikabo melalui pergerakan Pluim dan Ferdinand. Sayang, tak ada lagi gol tambahan tercipta.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan PSM tak mengalami perubahan.