Senin, 09 September 2019 14:05

Kelompok Cendekiawan Klaim Bahasa Inggris Berasal dari China

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kelompok Cendekiawan Klaim Bahasa Inggris Berasal dari China

Jika anda berbicara dengan bahasa Inggris, maka Anda sebenarnya sedang berbicara Cina. Hal itu menurut salah satu kelompok cendekiawan yang berpendapat bahwa semua bahasa dan budaya Barat berasal dari

RAKYATKU.COM - Jika anda berbicara dengan bahasa Inggris, maka Anda sebenarnya sedang berbicara Cina. Hal itu menurut salah satu kelompok cendekiawan yang berpendapat bahwa semua bahasa dan budaya Barat berasal dari Kerajaan Tengah.

Bulan lalu, KTT Pendidikan Perbatasan Internasional Tiongkok Pertama diadakan di Beijing. Pada pertemuan tersebut, Asosiasi Riset Peradaban Dunia yang didirikan oleh sekelompok cendekiawan Cina yang mempresentasikan penelitian China-sentris mereka ke dunia untuk pertama kalinya, dikutip dari Shanghaiist, Senin (9/9/2019).

Setelah itu, seorang wartawan bertanya kepada pendiri asosiasi tersebut tentang klaim mereka. Sekretaris jenderal asosiasi itu, Zhai Guiyun menjelaskan bahwa bahasa Inggris dapat ditunjukkan berasal dari Mandarin karena kesamaan sejumlah kata.

Dia mencontohkan, kata kuning atau Yellow yang dianggap berasal dari Yelou yang berarti daun jatuh dalam bahasa Cina. Juga Shop berasal dari kata Cina shangpu, artinya toko.

Zhai mengakui bahwa beberapa kemiripan seperti ini bisa menjadi kebetulan yang sederhana. Dia mengatakan ada terlalu banyak dari contoh-contoh ini menjadi apa pun kecuali bukti asal. 
Zhai mencatat bahwa walaupun bahasa Inggris mungkin tidak terdengar seperti dialek Cina, banyak dialek Cina yang diterima saat ini terdengar sangat berbeda satu sama lain, belum lagi bahasa Jepang dan Korea.

Zhai dan rekan-rekan cendekiawannya mengklaim bahwa temuan mereka didasarkan pada beberapa dekade penelitian yang menyimpulkan bahwa orang-orang yang pertama kali berbicara bahasa Inggris tinggal di Lembah Sungai Indus, yang saat itu diperintah oleh Kaisar Cina.

Orang-orang ini kemudian bermigrasi ke barat dan hidup sebagai orang barbar primitif sampai kontak lagi dengan China membawa mereka keluar dari kegelapan yang lama. 

Zhai mengatakan bahwa sebelum abad ke-15 dan ke-16, Eropa tidak memiliki sejarah, hanya mitos dan legenda, mengklaim bahwa peradaban kuno Yunani, Mesir, dan Roma semuanya dibuat-buat untuk menutupi masa lalu. Dia mengatakan bahwa Konfusius adalah santo pelindung dari apa yang disebut Reinassance.

Meskipun ini semua kedengarannya agak mustahil, kelompok Zhai terus melangkah lebih jauh, mengklaim bahwa Cina adalah sumber dari semua budaya Barat. Mereka juga menyatakan bahwa ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, dan filsafat Eropa abad ke-18 dan ke-19 semuanya dicuri dari China.

Bahkan ide-ide Karl Marx, kata mereka, sebenarnya berasal dari Kerajaan Tengah.