Senin, 09 September 2019 08:19

Suka Belanja di Online Shop dengan Kartu Kredit? Ini Tips agar Transaksi Tetap Aman

Muh. Taufik
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suka Belanja  di Online Shop dengan Kartu Kredit? Ini Tips agar Transaksi Tetap Aman

Untuk metode pembayaran menggunakan kartu kredit memang agak jarang dipakai dibandingkan dengan metode transfer bank, salah satunya dikarenakan pemilik kartu kredit di indonesia masih sedikit. Belakan

RAKYATKU.COM - Belanja online sudah bukan merupakan hal asing lagi, hampir semua produk dapat dicari dan dibeli secara online terutama produk kebutuhan sehari-hari.  Metode pembayarannya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan sistem transfer bank, kartu kredit, e-money, dan juga aplikasi cicilan tanpa kartu kredit

Untuk metode pembayaran menggunakan kartu kredit memang agak jarang dipakai dibandingkan dengan metode transfer bank, salah satunya dikarenakan pemilik kartu kredit di indonesia masih sedikit. Belakangan hadir solusi cicilan tanpa kartu kredit dari pemain fintech. 

Namun sebagian besar platform e-commerce berskala besar seperti blibli.com atau tokopedia.com sudah bekerja sama dengan berbagai bank dan fintech dan menyediakan fasilitas transaksi menggunakan kartu kredit atau aplikasi cicilan untuk belanja online. 

Meskipun bank dan fintech sudah cukup terkenal dengan tingkat keamanan transaksi yang terjamin, tidak ada salahnya menyimak tips-tips tambahan berikut ini  agar transaksi di online shop dengan menggunakan kartu kredit tetap aman dan lancar

Pilih Situs dan Link Promo e-commerce yang Terpercaya

Bila Anda ingin berbelanja menggunakan kartu kredit secara online, pastikan Anda memilih situs yang dipercaya dan aman.  Selain itu, carilah situs yang mempunyai kredibilitas baik.  Jika Anda kerap kali menerima promo melalui e-mail, hindari melakukan klik langsung lewat e-mail, terutama e-mail dari merchant yang tidak jelas. 

Karena jika Anda klik promo tersebut, bisa jadi Anda akan dibawa ke situs palsu yang memanfaatkan kartu kredit Anda secara tidak benar.  Jadi sebaiknya jika ingin membeli produk secara online, kunjungi URL-nya lewat browser Anda secara langsung.

Teliti Saat Mengetik URL

Pastikan Anda mengetik situs online shop dengan benar, karena hanya dengan salah satu huruf Anda dapat dihubungkan ke situs yang berbeda.  Perlu diketahui bahwa situs yang sudah di bookmark di browser Anda bisa sesekali berubah.  Jadi lebih baik jika Anda mengetik kembali URL yang ingin Anda kunjungi secara normal tanpa melakukan klik lewat bookmark Anda.

Tes Tingkat Keamanan Situs

Saat Anda melakukan pembelian di sebuah situs jual beli dan mengharuskan Anda memasukkan nomor kartu kredit Anda, pastikan situs tersebut aman.  Salah satu cara untuk mengetes keamanan situs adalah dengan melihat alamat URL nya.  

Apabila situs tersebut diawali dengan https:// kemungkinan besar situs tersebut aman.  Sebaliknya jika tidak berarti situs tersebut kurang aman untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.  Selain itu, cara lainnya adalah dengan melihat icon gembok di sudut kanan bawah halaman situs tersebut. Lambang tersebut mengindikasi bahwa situs tersebut menggunakan enkripsi untuk melindungi data Anda.

Gunakan HP atau Laptop Pribadi untuk Melakukan Transaksi

Berbelanja online dapat dilakukan dimanapun, namun harus diingat bahwa HP atau laptop yang yang digunakan lebih dari satu orang memiliki tingkat keamanan yang rendah. 

Informasi aplikasi Anda berisiko dicuri jika Anda bertransaksi menggunakan HP orang lain atau umum.  Namun walau menggunakan HP atau laptop pribadi, jika Anda menggunakan koneksi internet di tempat umum HP atau laptop Anda tetap berisiko dihack.

Cetak Bukti Pembayaran Online 

Selalu cetak bukti pembayaran Anda setelah menggunakan kartu kredit untuk pembayaran online untuk mengecek angka yang Anda bayar dengan angka yang ada pada tagihan.  Selain itu untuk berjaga-jaga jika ada kesalah pahaman dengan pihak bank.

Selalu Keluar dari Akun Usai Transaksi

Sebagian besar pengguna layanan belanja online jarang logout dari akunnya setelah melakukan transaksi.  Penting bagi Anda untuk logout setelah melakukan transaksi Anda hingga selesai.  Logout akan meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan data pribadi Anda pada situs yang bersangkutan.

Aktifkan Pemberitahuan Transaksi

Silahkan menghubungi pihak bank atau fintech untuk mengaktifkan notifikasi transaksi.  Sehingga jika Anda melakukan transaksi akan terpantau. Apabila ada transaksi yang tidak Anda lakukan namun ada di notifikasi Anda, Anda bisa segera laporkan ke pihak bank atau fintech.

Bagaimana? Anda telah mengetahui bermacam tips dalam melakukan pembelanjaan online agar tetap aman.  Tetaplah berwaspada dan lebih teliti sebelum melakukan transaksi untuk menghindari hal-hal yang merugikan Anda.