Rabu, 17 Juli 2019 17:08

Pemilihan Ketua PDIP di 4 Daerah Ini Diprediksi Alot

Muh. Taufik
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel,melakukan silaturahmi dengan Gubernur Nurdin Abdullah dalam persiapan pelaksnaan konfercab dankonferda.
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel,melakukan silaturahmi dengan Gubernur Nurdin Abdullah dalam persiapan pelaksnaan konfercab dankonferda.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel akan menggelar Konferensi Daerah (Konferda) dan Konferensi Cabang (Konfercab) pada Jumat (19/7/2019). Kegiatan yang dila

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel akan menggelar Konferensi Daerah (Konferda) dan Konferensi Cabang (Konfercab) pada Jumat (19/7/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar ini, akan dihadiri oleh pengurus PDIP dari 24 kabupaten/kota se Sulsel.

Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni menjelaskan, mereka yang akan hadir pada kegiatan ini adalah seluruh Ketua DPC, Sekretaris DPC dan Bendahara DPC. Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD dari PDIP periode 2014-2019.

"Termasuk seluruh caleg PDIP yang terpilih untuk periode 2019-2024, baik di DPR, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota. Total keseluruhan peserta sekira 1.300 orang," ungkap Rudy.

Menurut Rudy, sejumlah pimpinan DPP PDIP juga direncanakan hadir pada kegiatan ini, seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Bambang DH. "Dari DPP masih tentatif, kita lihat perkembangan. Yang pasti kegiatan nanti akan dihadiri juga oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah," jelas Rudy.

Rudy menjelaskan, Konferda dan Konfercab kali ini cukup istimewa. Pasalnya, baru kali ini PDIP Sulsel melakukan pergantian pengurus secara simultan dan serentak. "Karena pada bulan Agustus nanti dilakukan kongres untuk memilih ketua umum dan pengurus baru yang digelar di Bali," katanya.

Kegiatan Konfercab untuk pemilihan kepengurusan tingkat kabupaten/kota, kata Rudy, hasilnya sudah diketahui pada sore hari. "Kalau Konferda, hasilnya baru bisa diketahui pada malam hari," ujarnya.

Rudy memprediksi, pembahasan ketua untuk beberapa kabupaten/kota akan berlangsung alot, utamanya di daerah yang menjadi basis PDIP pada Pileg 2019 lalu. "Kota Makassar, Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Soppeng. Ini alot pembahasan calon ketua DPC nya karena ada unsur pimpinan di DPRD," terangnya.

Selain itu, lanjut Rudy, sejumlah daerah juga akan menjadi perhatian dikarenakan adanya penurunan perolehan suara seperti Kabupaten Gowa, Wajo, Luwu Utara, dan Maros.