Jumat, 28 Juni 2019 18:52

Hak Angket DPRD Sulsel, Legislator Makassar: Jangan Ikuti Gaya Kepemimpinan Gubernur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rudianto Lallo.
Rudianto Lallo.

Hak Angket yang disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel terhadap Gubernur Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hak Angket yang disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel terhadap Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mendapat dukungan dari DPRD Kota Makassar.

"Kita apresiasi hak angket DPRD provinsi karena itu artinya fungsi pengawasan terhadap kinerja kepala daerah berjalan. Kami sangat apresiasi," ungkap Rudianto Lallo, Wakil ketua DPRD Makassar, 28/6/2019. 

Terkait hak angket tersebut, ia mengingatkan Penjabat Wali Kota Makassar, sebagai pemegang sementara tingkat kepemimpinan di Makassar tak meniru gaya kepemimpinan Nurdin Abdullah. 

Bahkan ia menyebut ini menjadi warning untuk kepada daerah lainnya.
"Ini kode bahwa pemerintahan diselenggarakan bersama DPRD. Tidak bisa arogan jalan sendiri. Harus libatkan DPR. Pj Wali Kota jangan tiru kepemimpinan gubernur. Hindari. Kalau ikuti gaya kepemimpinan gubernur bisa bermasalah juga. Tidak boleh egois, arogan tanpa libatkan DPR.

Ditambahkan, DPRD dan pemerintah setara dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ia pun menyebut hak angket tersebut sebagai buntut dari komunikasi antara DPRD Sulsel dan Gubernur Sulsel.

"Ini karena kurang komunikasi. Seharusnya DPR dan pemerintah harmonis sebagai penyelenggara pemerintahan. Harus setara, jangan ada yang merasa di atas," sebutnya.