Selasa, 14 Mei 2019 16:40

Antisipasi Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, Mandiri Siapkan Rp2.7 Triliun

Muh. Taufik
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Regional CEO Bank Mandiri Angga Erlangga Hanafie (Tengah), berbincang bincang bersama Manajemen Bank Mandiri Wil Sulsel dan Maluku
Regional CEO Bank Mandiri Angga Erlangga Hanafie (Tengah), berbincang bincang bersama Manajemen Bank Mandiri Wil Sulsel dan Maluku

Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp2.7 triliun atau sekitar Rp90 Milyar per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp2.7 triliun atau sekitar Rp90 Milyar per hari  untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1440 H. Antisipasi tersebut akan diberlakukan selama 30 hari kerja pada 11 Mei – 9 Juni 2019.

Menurut Regional CEO Bank Mandiri Angga Erlangga Hanafie, alokasi dana tunai harian tersebut meningkat sekitar 20% dari rata-rata kebutuhan harian Ramadhan dan Idul fitri tahun 2018 lalu. 

“Alokasi dana tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan kebutuhan dana masyarakat, terutama nasabah korporasi mengingat masa pembayaran gaji bulan Mei diperkirakan akan berbarengan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar akhir Mei.” ungkap Angga di sela sela Media Gathering dan Buka puasa bersama awak media di Novotel Selasa (14/5/2019).

Dari besaran tersebut, dia melanjutkan, pihaknya mengalokasikan sekitar 80% untuk memenuhi ketersediaan dana di mesin-mesin ATM Mandiri, sedangkan 20% akan ditempatkan di kantor cabang.

“Untuk mengantisipasi peningkatan transaksi tunai di ATM menjelang libur Idul Fitri, kami akan melakukan pengisian limit maksimal di setiap ATM Mandiri sejak pekan kedua Mei hingga pekan pertama Juni 2019,” imbuh Angga.

Bank Mandiri akan menyiapkan jaringan IT secara optimal untuk memastikan seluruh operasional channel pembayaran elektronik lainnya, seperti jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000 tetap terjaga dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga selama liburan. 

Saat ini, nasabah dapat melakukan transaksi melalui  895 mandiri ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus. Untuk mengetahui lokasi cabang dan ATM Bank Mandiri terdekat, nasabah dapat mengakses melalui www.bankmandiri.co.id

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini  menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman seperti Informasi rekening, Transaksi Transfer, Transaksi Pembayaran Listrik, Air, Telepon/Handphone, Kartu Kredit, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Pajak, Pendidikan, Asuransi, Televisi Berlangganan, Internet, Pembelian isi ulang Pulsa.

Adapun pada masa libur Idul Fitri pada 1-7 Juni 2019, Angga mengungkapkan, Bank Mandiri akan tetap mengoperasikan 46 cabang di wilayah Sulawesi dan Maluku secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan terbatas kepada masyarakat, termasuk untuk pembayaran Delivery Order pembelian BBM oleh SPBU-SPBU dan pembayaran pajak.

“Informasi terkait kantor-kantor cabang yang operasional pada saat libur Idul Fitri akan dapat diketahui nanti melalui website www.bankmandiri.co.id,” kata Angga.

Sedangkan untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, katanya, Bank Mandiri bekerja sama dengan Bank Indonesia menyiapkan 2 unit Mandiri Mobil (Mamo), masing-masing di kawasan Karebosi dan satunya akan keliling di beberapa wilayah di kota Makassar serta  membuka pelayanan penukaran di 7 kantor cabang yang tersebar di kota Makassar yaitu KC Makassar Kartini, KC Makassar Ratulangi, KC Panakkukang, KC Veteran Selatan, KC Daya,KC Andalas dan KC Sangguminasa.