Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian RI
Minggu, 13 Juni 2021 22:14

SYL Way; Sahabat Itu Tak Ternilai dalam Hidupmu!

SYL Way; Sahabat Itu Tak Ternilai dalam Hidupmu!

Persahabatan sejati itu layaknya kesehatan. Nilainya, baru kita sadari setelah kita kehilangannya.

 

ADA yang bilang, hidup itu seperti papan catur. Punya banyak kotak. Tidak satu warna. Dan, saat melangkah, ada aturannya. Satu lagi,--dan ini paling penting--harus punya strategi.

Kalau begitu, kita harus punya langkah jitu. Sehingga, goal yang kita harapkan; TERCAPAI.

Papan catur sengaja saya analogikan seperti kehidupan. Saat main catur, Anda akan memainkan pion. Dua kuda. Dua loper. Satu perdana menteri. Dan, satu raja.

Jika tidak hati-hati, Anda akan diskak mati. Dan, itu berarti game is over.

Saat bermain catur; pion, kuda, loper, perdana menteri dan raja harus menyatu. Seperti hidup ini, mereka harus melengkapi.

Tergantung satu sama lain. Jika tak saling menguatkan, maka semua rapuh. Dan, akibatnya sudah bisa ditebak; babak belur.

Ibarat hidup, ada keluarga, sepupu, teman, dan sahabat karib. Nah, siapa tak punya banyak hubungan persahabatan, tentu akan kesulitan saat banyak masalah.

Sahabat itu penting. Sangat, malah. Bahkan, bagi saya, sahabat itu tak ternilai dalam hidup kita.

Bahkan, persahabatan sejati itu layaknya kesehatan. Nilainya, baru kita sadari setelah kita kehilangannya. Makanya, jaga sahabat-sahabatmu.

Dan, sahabat itu adalah seseorang yang menari bersamamu di bawah "matahari". Dan,--paling utama-- berjalan bersamamu saat Anda dalam "kegelapan".

Sahabat yang sesungguhnya ketika Anda susah, dia hadir. Mengulurkan tangannya dan mengajakmu tanpa pamrih.

Sahabat sejati tak akan pernah menghilang saat masalah datang. Tapi, akan menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama.

Terkadang, memang, ada sahabat sejati tahu sekali seberapa "bodohnya" langkah yang ditempuh. Tetapi, tetap saja setia menghabiskan waktu bersamamu.

Terkadang juga ada sahabat hadir dengan sedih. Muncul dengan kisah bahagia tak terkira. Ada yang lucu. Dan, mungkin ada juga menyebalkan. Tetapi, sangat dirindukan ketika tak ada.

Itulah sahabat. Nilainya sangat berharga. Maka, jagalah sahabatmu. Kuatkan kebersamaan seperti bermain catur tadi. Sehingga, dengan saling menguatkan, tujuan menjadi nyata.

Melalui keluarga dan sahabat, kebahagian-kebagian itu juga hadir. Terlebih jika kita sering dan saling mendoakan. Haqqul yaqin, keberkahan akan selalu hadir menemanimu.

So, jagalah keluarga dan sahabatmu. Karena, sesungguhnya, mereka tak ternilai dalam hidupmu. Mereka bahkan akan selalu menjaga sepimu....

Salam saya untuk semua. Salamakki'...( SYL Way, Minggu, 13 Juni 2021, Pelita, Makassar).