Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian RI
Sabtu, 24 April 2021 21:16

SYL Way; Jadilah Dirimu Sendiri, Lalu Serahkan Sama Tuhan...

SYL Way; Jadilah Dirimu Sendiri, Lalu Serahkan Sama Tuhan...

Jadilah dirimu sendiri. Temukan secara esensi, siapa dirimu.

Percaya diri (PD). Itu senjatamu. Percaya diri. Juga, kekuatan terbesarmu. Terutama, dalam menghadirkan kesuksesan. Bahkan, itu dalam prinsip hidup.

Sehebat apa pun kamu. Sekuat apapun "power", yang kau miliki. Termasuk, seberapa lama, kamu latihan untuk penguasaan teknikmu. Tetap saja, saat kamu naik ke "ring tinju". Memperebutkan "kejuaraan", misalkan. Lalu, kau kehilangan kepercayaan diri. Maka, kamu kalah sebelum bertanding. Bahkan, lebih parah lagi. Tamat-lah impian mu!

Makanya, jaga percaya diri (PD). Karena, itulah pakaian terbaikmu. PDmu, akan menyatukan power dan pesona dirimu.

Lalu, menaklukkan lawan. Bahkan, semua tantangan yang kau hadapi.

Caranya? Pertama, sebagai hamba. Serahkan semua pada Tuhanmu. Lalu, itu tadi, tanamkan kepercayaan dirimu. Ikrarkan dalam hati; KAMU BISA. Selanjutnya, masuklah ke "arena". Kemudian, taklukkan lawan-lawanmu.

Nah, jika ada "kenyataan lain", itu kehendak Tuhanmu. Dan, bisa jadi, "kenyataan lain" itu adalah kebahagiaan baru bagimu. Ya, ruang Tuhan untuk menaikkan level dan kualitas dirimu.

Pertanyaannya, kau cinta dirimu? Jika, jawabnya iya. Naikkan, levelmu. Naikkan, martabatmu. Dan, ingat! Jangan takut tantangan. Justru, sebaliknya. Taklukkan tantanganmu itu!

Kata kuncinya, jadilah dirimu sendiri. Temukan secara esensi, siapa dirimu. Tegaskan, "Ini aku!" Pada posisi ini, tak ada rasa takut. Bahkan, 100 badik pun tak akan menggoyahkanmu. Mundur? Haram dalam posisi ini. Bahkan, sesenti pun.

Karena, alam pun tahu. Kalau tak ada jagoan sepanjang hari. Bahkan, derasnya hujan pasti ada masanya. Lalu, berhenti.

Intinya, tanamkan percaya dirimu. Jaga, konsistensinya. Takar sebaik mungkin.

Fokuslah untuk terus berbuat baik. Jangan pernah berhenti. Di mana pun! Kerjakan segalanya atas nama cinta. Juga, keikhlasan!

Hadirkan semangat kedua orang tuamu! Teruslah berjuang. Jangan lupa berdoa.

Hadirkan pula orang-orang yang kau cintai dan sayangi. Terutama, dalam setiap inspirasi gerakmu. Lalu, sujud lah! Berserah dirilah kepada Sang Maha Penolong. Sehingga, semua bernilai ibadah. Tentu, di sisi Yang Maha Kuasa.
Selamat berpuasa ...Semoga berkah ..Aamiin
(SYL Way, 24 April 2021. Otw by Citylink)

Kolom Populer
Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan
Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
Dosen Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia Timur, Advokat Senior, dan Praktisi Hukum Pemilu/Konstitusi