Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian RI
Selasa, 01 Juni 2021 17:39

SYL Way; Hadapi! Jangan Takut...

SYL Way; Hadapi! Jangan Takut...

Jangan berhenti ketika lelah. Tetapi, berhentilah ketika selesai.

Setiap orang, punya masalah. Punya kesusahan masing- masing. Itu pasti!

Mengapa? Itulah sunnatullah! Allah,--Sang Pencipta alam semesta dan segala isinya-- mungkin telah memilih persoalan sebagai ujian. Bahkan, ada orang yang "diberi" masalah yang hanya spesifik.

So, berhenti berharap terus menerus. Terutama, kepada kebaikan orang lain untuk membantu. Karena, sebenarnya, kunci utamanya ada pada dirimu.

Intinya, begini. Jika kamu mencari orang lain berbuat kebaikan akan mengubah hidupmu, lihatlah di cermin.

Kata kuncinya; yourself. Yang bisa pecahkan masalahmu. Keluar dari kesusahanmu. Itu, --utamanya-- pasti hanya ada dalam diri mu.

Kalau begitu, jangan pernah takut. Hadapi! Karena, ketika kau berani, maka di situ awal jalan keluar. Sehingga, bisa pecahkan dan taklukkan kesusahanmu!

Lawan. Hadapi! Dan jangan pernah menyerah. Kuatkan doamu. Bersujudlah kepada Yang Maha Kuat. Minta dalam doamu. Tegakkan salatmu. Dan, itu semua, akan mengawal niat baikmu.

Terkadang kita diuji, memang. Tapi, itu bukan untuk menunjukkan kelemahan kita. Tetapi, justru untuk menemukan kekuatan kita.

Satu lagi. Teruslah berkarya. Berbuat untuk banyak orang. Dengan niat yang ikhlas. Dan, jangan berhenti ketika lelah. Tetapi, berhentilah ketika selesai.

Semoga niat baik kita, selalu bermanfaat. Dan, juga, bernilai ibadah di hadapan Yang Maha Tahu. Sehatki semua... Salamaki

(SYL Way; Wican, Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021)

Kolom Populer
Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan
Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
Dosen Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia Timur, Advokat Senior, dan Praktisi Hukum Pemilu/Konstitusi