Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian RI
Selasa, 04 Januari 2022 15:57

SYL Way; Bermimpilah Setinggi Langit, tapi Ada Rahasianya!

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Makanya, raihlah mimpimu dengan kerja keras. Bantu orang di sekitarmu. Biar "alam" memberkahi langkahmu. Tentu, dalam mewujudkan mimpi-mimpimu.

SETIAP insan, harus punya mimpi. Kata orang-orang bijak, mimpilah setinggi langit. Pun kalau jatuh, Anda jatuh di antara bintang-bintang.

Mimpi akan membawa kita menuju apa yang kita idamkan. Mimpi pun akan memacu semangat untuk meraihnya.

Tetapi, mimpi juga ada rahasianya. Mau tahu? Kalau begitu, perhatikan dengan baik.

Jadi, mimpi bisa menjadi kenyataan jikalau Anda berpegang pada beberapa hal. Mimpi dapat diwujudkan melalui ketekunan. Juga, tekad. Selain itu, komitmen. Doa, menjadi keharusan.

Demikian pula, semangat yang pantang menyerah. Perlu latihan. Lalu, fokus. Dan terpenting adalah kerja keras.

Mimpi dapat diraih dengan usaha selangkah demi selangkah. Mewujudkannya, tidak serta-merta. Perlu waktu bertahun-tahun. Bukan--sekali lagi bukan--hanya hitungan jam, hari, minggu, dan bulan.

Makanya, raihlah mimpimu dengan kerja keras. Bantu orang di sekitarmu. Biar "alam" memberkahi langkahmu. Tentu, dalam mewujudkan mimpi-mimpimu.

***

Di pagi buta. Matahari baru mempersiapkan diri terbit di ufuk timur. Itu juga, pasti karena kemauan alam. Dan, alam pun tunduk kepada Yang Maha Penentu Takdir.

Pagi buta itu, juga hadir memberikan pesan. Bahwa aku, kamu, dan kita semua, memiliki mimpi besar untuk memberikan yang terbaik. Kepada keluarga. Teman dekat. Bahkan, bangsa dan negara.

Jadi, ayo ... kita raih mimpi kita maju secara bersama. Membangun bangsa kita. Masyarakat kita. Menyukseskan pangan kita secara maksimal. Sehingga, kita menjadi negara swasembada.

Jangan lupa, doa yang menyertai perjalanan hidupmu. Temukan pula harapan dalam setiap langkahmu. Dan, gunakan kata hatimu karena dengan itu semua kebenaran dan ketenteraman dapat terwujud.

(SYL Way, 4 Januari 2022, balik ke Jakarta menghadiri rapat).