Jumat, 20 September 2024 20:52

Gandeng UMKM se-Lutim di Acara Jalan Sehat, Langkah Konkret Isrullah-Usman Sejahterakan Pelaku Usaha Kecil

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gandeng UMKM se-Lutim di Acara Jalan Sehat, Langkah Konkret Isrullah-Usman Sejahterakan Pelaku Usaha Kecil

Oleh karena itu, dengan adanya perhatian dari Isrullah-Usman, Andi Irma merasa ada harapan bagi pelaku UMKM untuk naik kelas dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

RAKYATKU.COM - Bakal calon bupati dan wakil bupati Luwu Timur (Lutim) Isrullah Achmad dan Usman Sadik berencana menggelar acara jalan sehat bersama masyarakat Lutim yang akan dilaksanakan di Lapangan Gaswo Wotu pada Minggu (22/09/2024).

Dalam kegiatan tersebut, selain mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hadir dan berpartisipasi, Isrullah-Usman juga melibatkan seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Luwu Timur untuk meramaikan acara tersebut.

Menanggapi kegiatan ini, Andi Irma Yani, sebagai pelaku UMKM di Luwu Timur, mengaku senang dengan perhatian Isrullah-Usman yang melibatkan kelompok usaha kecil dalam kegiatan tersebut. Pasalnya, selama ini belum ada satu pun pejabat daerah atau calon kepala daerah di Luwu Timur yang memberikan perhatian besar terhadap pelaku usaha kecil.

Baca Juga : Jalan Sehat Milad ke-61 Unismuh, Marwan Pemenang Hadiah Umrah

"Kalau saya pribadi, sebagai pelaku UMKM, sangat senang karena selama ini calon bupati Luwu Timur tidak pernah ada yang melirik UMKM. Baru kali ini ada kandidat atau paslon yang perhatian terhadap UMKM, makanya kami, pelaku UMKM, sangat senang sekali dengan hal seperti ini," kata Andi Irma saat dihubungi, Jumat (20/09/2024).

Andi Irma, yang memiliki usaha toko sembako, menuturkan bahwa pelibatan pelaku usaha kecil dalam acara-acara besar di Luwu Timur sebelumnya tidak pernah terjadi. Selama ini, para pelaku usaha secara mandiri berinisiatif untuk menjajakan dagangan mereka di acara-acara besar, termasuk acara politik.

Oleh karena itu, dengan adanya perhatian dari Isrullah-Usman, Andi Irma merasa ada harapan bagi pelaku UMKM untuk naik kelas dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Senam Sehat Bersama Masyarakat di Car Free Day Sudirman

"Sangat bagus sekali jika Pak Isrullah memberikan perhatian ke UMKM, karena sebagian besar di Luwu Timur itu adalah pelaku UMKM. Ini kan bisa membantu perekonomian daerah," ujarnya.

Selama ini, menurut Andi Irma, UMKM tidak pernah disentuh. Baru kali ini, dengan kehadiran Isrullah yang berlatar belakang sebagai pengusaha, kebutuhan dari pengusaha kecil dipahami dan diberikan dukungan agar mereka bisa tumbuh.

"Belum pernah sama sekali ada paslon yang seperti ini, baru kali ini. Jadi, makanya kami, (pelaku) UMKM, semua senang sekali ketika Pak Isrullah memperhatikan UMKM," jelasnya.

Baca Juga : Cooling Down Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Jalan Sehat dan Bakti Sosial di Pantai Losari

Andi Irma pun berharap di acara jalan sehat besok, seluruh pelaku UMKM hadir membawa usaha masing-masing dengan riang gembira.

Menurutnya, tidak perlu antipati terhadap kegiatan politik. Justru dengan ini, masyarakat bisa melihat siapa calon yang benar-benar memberikan perhatian konkret terhadap usaha masyarakat.

"Kalau saya pribadi, bagusnya seluruh pelaku UMKM ikut. Jangan sampai nanti ada ini bagian dari pendukung ini, pendukung itu. Tapi kalau kita pelaku UMKM, artinya kita harus melihat siapa yang betul-betul memberikan perhatian kepada kita," ungkapnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Jalan Sehat di Parepare dan Pantau Pasar Lakessi

Andi Irma juga berharap ke depan, jika Isrullah-Usman mendapat mandat dari masyarakat untuk memimpin Kabupaten Luwu Timur, UMKM akan mendapat perhatian serius. Pasalnya, UMKM menjadi bagian penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat bawah.

"Kalau bisa, masukkannya, itu UMKM atau pengusaha kecil lebih diperhatikan lagi, karena selama ini kita ini seperti tidak dianggap, bahkan dianggap kecil oleh pejabat-pejabat tinggi," harapnya.

"Padahal UMKM ini bagus sekali. Kalau saya, pokoknya Pak Isrullah top sekali karena sering melibatkan UMKM di acara-acaranya," pungkasnya.

Baca Juga : Jalan Sehat Bersama PJ Gubernur Sulsel di Parepare Banjir Hadiah, Yuk Ramaikan

Sebagai informasi, dalam visi-misi Isrullah-Usman yang terkenal dengan slogan Mandiri dan Sejahtera, mereka berkomitmen untuk memajukan ekonomi dengan memaksimalkan potensi daerah dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan seperti UMKM dan ekonomi kreatif.

Langkah konkret tersebut salah satunya dengan membuat program strategis, yaitu Lutim Business Forum, sebuah kegiatan kolaboratif yang menghubungkan pelaku UMKM dengan investor dan pelaku bisnis daerah maupun nasional untuk menguatkan sinergi serta menginisiasi pengembangan wirausaha lokal.

#jalan sehat #Isrullah-Usman #Calon Bupati Lutim #Isrullah Achmad #Usman Sadik