Jumat, 09 Agustus 2024 23:45

Pemkab Wajo Raih Penghargaan Proklim dari KLHK

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Wajo Raih Penghargaan Proklim dari KLHK

Penjabat (Pj) Bupati Wajo Andi Bataralifu menerima piagam tersebut dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

RAKYATKU.COM, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Wajo meraih penghargaan Pelaksana Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta Convention Center, Jumat, (9/8/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Wajo Andi Bataralifu menerima piagam tersebut dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Alhamdulillah pada hari ini kami dari beberapa daerah diberikan penghargaan dari KLHK selaku daerah yang peduli akan lingkungan, hal ini perlu kita pertahankan dan berupaya agar masyarakat bisa teredukasi secara sadar untuk menjaga, merawat serta mencintai lingkungan, melalui penghargaan ini diharapkan mampu mendorong banyak pihak bersama-sama mengatasi dampak dari perubahan iklim, sehingga lingkunga tetap terjaga untuk generasi berikutnya," kata Andi Bataralifu usai acara.

Baca Juga : Pemkab Wajo Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Empat Proyek Inovasi

Sementara Menteri LHK RI Siti Nurbaya mengatakan, program kampung iklim diluncurkan sejak tahun 2011, dan pada saat itu pula gerakan-gerakan iklim di Indonesia, lebih berkembang.

Menurutnya, hingga kini program Kampung Iklim menunjukkan progres yang sangat positif. Hal ini dibuktikan dengan jumlah total lokasi proklim yang sampai Juli 2024 mencapai 10.113 lokasi kampung iklim.

“Pencatatan proklim terus dilakukan melalui website sistem registry nasional (SRN) yang dikelola oleh KLHK. Untuk penghargaan kampung iklim tahun 2024, jumlah lokasi kampung iklim yang mendaftar ialah 1.842 lokasi. Dari berbagai tingkatan administrasi. Sebaran lokasi telah banyak terbanyak di pulau Jawa, Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan dan Nusa Tenggara,” katanya.

#pemkab wajo #Andi Bataralifu #KLHK RI #Siti Nurbaya