Kamis, 08 Agustus 2024 19:18

Bupati Barru Raih Penghargaan UHC Awards 2024 untuk Ketiga Kalinya

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Raih Penghargaan UHC Awards 2024 untuk Ketiga Kalinya

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh kembali meraih prestasi gemilang dalam bidang kesehatan.

Pada ajang Universal Health Coverage (UHC) Awards 2024 yang digelar di Jakarta, Kamis (8/8/2024), Bupati Barru menerima penghargaan untuk ketiga kalinya atas keberhasilan Kabupaten Barru dalam meningkatkan cakupan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Barru dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari kerja keras seluruh pihak di Kabupaten Barru, terutama dalam mengoptimalkan program JKN-KIS," ujar Bupati Suardi Saleh.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Barru agar masyarakat dapat hidup lebih sehat dan sejahtera," tambahnya.

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

Berdasarkan data kepesertaan JKN PBI Pusat dan PBUP APBD Sulsel per Agustus 2024, Kabupaten Barru berhasil mencapai cakupan UHC sebesar 101,78 persen.

Angka ini merupakan yang tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan dan menunjukkan keberhasilan Kabupaten Barru dalam mencapai target universal health coverage.

Suksesnya Kabupaten Barru dalam mencapai cakupan UHC yang tinggi tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten Barru, BPJS Kesehatan Cabang Barru-Parepare, dan seluruh stakeholder terkait.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Semarak Hari Jadi Desa Lompo Tengah ke-64

Bupati Suardi Saleh menekankan pentingnya kerja sama lintas sektor untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas capaian seluruh daerah, termasuk Kabupaten Barru, dalam meningkatkan cakupan program JKN-KIS. Menurut Wapres, keberhasilan ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menjalankan instruksi presiden terkait optimalisasi program JKN.

"Saya berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Baca Juga : Akses Kesehatan Lebih Mudah, Pemkab Barru Serahkan Ambulans Baru ke Pujananting

Bupati Suardi Saleh berharap penghargaan ini dapat menjadi semangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Barru untuk terus menjaga kesehatan. Selain itu, Bupati juga berharap kolaborasi dengan seluruh stakeholder dapat terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

#Pemkab Barru #suardi saleh