Senin, 29 Juli 2024 18:48

Barru Perkuat Pencegahan Stunting, Dokter Ulfah Kukuhkan Duta Parenting

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Barru Perkuat Pencegahan Stunting, Dokter Ulfah Kukuhkan Duta Parenting

Ulfah menjelaskan, pencegahan stunting harus dimulai sejak dini, termasuk pada remaja putri. Melalui program ini, para remaja diberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang, pola hidup sehat, dan pencegahan anemia.

RAKYATKU.COM, BARRU– Pemerintah Kabupaten Barru terus berupaya menekan angka stunting. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan melibatkan remaja sebagai duta pencegahan stunting.

Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi, MARS, secara langsung mengukuhkan Duta Inovasi Parenting (Pemberdayaan Remaja Peduli Stunting) di UPTD SMPN 5 Barru, Senin (29/7/2024).

"Kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen kami untuk mempercepat penurunan stunting dari hulu ke hilir. Kami tidak hanya fokus pada bayi, tetapi juga pada remaja sebagai calon generasi penerus," ujar Ulfah dalam sambutannya.

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Ulfah menjelaskan, pencegahan stunting harus dimulai sejak dini, termasuk pada remaja putri. Melalui program ini, para remaja diberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang, pola hidup sehat, dan pencegahan anemia.

"Para remaja putri ini nantinya akan menjadi ibu. Oleh karena itu, kesehatan mereka sangat penting untuk mencegah stunting pada generasi berikutnya," imbuhnya.

Selain pengukuhan duta, kegiatan ini juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran lingkar lengan atas untuk mendeteksi kekurangan energi kronis (KEK) dan pemeriksaan hemoglobin (Hb).

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

"Data yang diperoleh dari pemeriksaan kesehatan ini akan menjadi dasar bagi kami untuk menyusun program-program pencegahan stunting yang lebih efektif," kata Ulfah.

Para duta inovasi parenting yang telah dikukuhkan diharapkan dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Mereka akan berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya pencegahan stunting dan membantu teman-temannya untuk menerapkan pola hidup sehat.

"Kalian adalah ujung tombak program pencegahan stunting di sekolah. Terima kasih atas kesediaan kalian untuk menjadi duta," pesan Ulfah kepada para remaja.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Semarak Hari Jadi Desa Lompo Tengah ke-64

Ulfah menekankan bahwa upaya pencegahan stunting merupakan investasi jangka panjang untuk mewujudkan generasi emas Indonesia tahun 2045. Sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas adalah kunci keberhasilan pembangunan bangsa.

"Dengan mencegah stunting, kita telah memberikan kesempatan yang sama bagi anak-anak kita untuk tumbuh kembang secara optimal dan meraih cita-citanya," pungkasnya.

#Pemkab Barru #Ulfah Nurulhuda #Pencegahan Stunting