Kamis, 25 Juli 2024 21:40

Sinergi Bunda PAUD dan Dinas Pendidikan Barru, Sukseskan Transisi Anak Usia Dini Lebih Menyenangkan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sinergi Bunda PAUD dan Dinas Pendidikan Barru, Sukseskan Transisi Anak Usia Dini Lebih Menyenangkan

Menurut drg. Ulfah, transisi yang efektif adalah ketika anak-anak tidak mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Plt. Bunda PAUD Kabupaten Barru, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi, MARS, menekankan pentingnya kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Pokja Bunda PAUD dalam mendukung transisi anak dari PAUD ke SD.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pemateri dalam Workshop Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Pusat Kegiatan Guru (PKG) Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Kamis (25/7/2024).

Menurut drg. Ulfah, transisi yang efektif adalah ketika anak-anak tidak mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. "Tugas kita adalah memastikan transisi ini menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak," ujarnya.

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Senada dengan drg. Ulfah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Barru, H. A. Adnan Azis, S. STP. M. Si, juga menegaskan pentingnya masa transisi ini. "Masa transisi adalah masa krusial bagi anak-anak. Mereka mengalami banyak perubahan," kata Adnan.

Dalam workshop tersebut, disampaikan tiga target utama yang ingin dicapai. Pertama, upaya untuk menghilangkan penekanan pada kemampuan baca, tulis, dan hitung (Calistung) dalam proses penerimaan peserta didik baru di tingkat SD.

Kedua, penerapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama dua minggu baik di PAUD maupun SD. Terakhir, pembelajaran diorientasikan pada pengembangan enam kemampuan pondasi anak, meliputi nilai agama, budi pekerti, keterampilan sosial, bahasa, emosi, kognitif, motorik, serta pemahaman bahwa belajar itu menyenangkan.

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

Untuk mencapai target tersebut, drg. Ulfah mengajak semua pihak untuk berkolaborasi. "Satuan pendidikan diharapkan dapat berbagi praktik baik dalam bentuk bukti karya untuk menjadi inspirasi bagi satuan pendidikan lainnya," ungkapnya.

Adnan juga menekankan pentingnya kolaborasi. "Kita harus bekerja sama untuk memberikan dukungan dan pendampingan yang optimal bagi anak-anak kita," tegasnya.

Dengan adanya kolaborasi yang baik antara Dinas Pendidikan, Pokja Bunda PAUD, dan seluruh satuan pendidikan, diharapkan transisi PAUD ke SD di Kabupaten Barru dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi anak-anak.

#Pemkab Barru #Ulfah Nurulhuda #Bunda PAUD Barru #Dinas Pendidikan Barru