Rabu, 19 Juni 2024 18:46

7 Bakal Calon Wali Kota Makassar Dengan Elektabilitas Paling Tinggi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
CEO ARCHY Strategy, Mukhradis Hadi Kusuma Jaya.
CEO ARCHY Strategy, Mukhradis Hadi Kusuma Jaya.

"Empat bulan ini para calon masih sangat bisa menaikkan popularitas. Banyak cara yang bisa digunakan, berbeda dengan puluhan tahun lalu. Sekarang sudah cepat untuk mengangkat popularitas seseorang,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemilihan Kepada Daerah 2024 serentak semakin dekat. Sejumlah figur yang akan berkonsentrasi mulai melakukan upaya untuk meningkatkan elektabilitas dan popularitas.

Di Kota Makassar, terdapat 7 nama di urutan paling atas yang memiliki peluang besar maju sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei ARCHY Strategy yang dirilis pada Rabu, 19 Juni 2024. Dimana survei dilakukan terhadap 1.692 responden yang yang tersebar di 15 Kecamatan yang ada di Kota Makassar.

Baca Juga : Gratis, Andi Seto Asapa Luncurkan MOBIL LORONG Melayani 24 Jam

Survei ini menggunakan metode wawancara yang dilakukan pada 4 Juni hingga 14 Juni dengan margin of error 2,38 persen dan confidence interval 95 persen.

Ada pun 7 nama dengan elektabilitas di urutan paling atas untuk menjadi bakal calon Wali Kota Makassar diantaranya Munafri Arifuddin alias Appi dengan elektabilitas sebesar 21,39% pada urutan pertama.

Diurutan selanjutnya Rusdin Abdullah dengan 8,16%, Adi Rasyid Ali dan Abdul Rahman Bando masing-masing memperoleh 3,84% dukungan.

Baca Juga : Fraksi PKS Minta Perizinan W Super Club Makassar Ditinjau Kembali

Selanjutnya, Andi Seto Gadhista Asapa (mantan Bupati Sinjai) 2,25%. Elektabilitas Ahmad Susanto dan Irwan Adnan masing-masing sebesar 0,83% dan 0,30%.

Selain itu, 37,29% responden masih belum menentukan pilihan mereka atau tidak menjawab, dan 13,89% memberikan nama-nama yang kemungkinan besar tidak akan maju dalam pemilihan Wali Kota Makassar 2024 karena berbagai alasan, seperti telah terpilih sebagai Anggota DPR atau DPRD.

Untuk popularitas, Appi berada di posisi teratas dengan 15,63%. Kemudian Rudianto Lallo dengan 8,24% dan Rusdin Abdullah dengan 5,14%.

Baca Juga : Anggota DPRD Makassar Ingatkan Pentingnya Mengelola Limbah B3 Dengan Baik

Nama-nama lainnya seperti Dr. Syamsu Rizal (mantan Wakil Wali Kota Makassar) dan drg. A. Rachmatika Dewi (anggota DPRD Sulsel) masing-masing sebesar 4,28% dan 4,18%.

Abdul Rahman Bando (mantan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Makassar) 3,21%. Sedangkan Adi Rasyid Ali (anggota DPRD Makassar) 2,78%.

Adapun Andi Seto Gadhista Asapa 2,57% dan Indira Yusuf Ismail (istri Danny Pomanto) 2,46%.

Baca Juga : Kemacetan Menjadi Pembahasan Dalam Rapat Paripurna DPRD Makassar

Terkait hasil survei tersebut, CEO ARCHY Strategy, Mukhradis Hadi Kusuma Jaya menyebut perolehan elektabilitas dan popularitas masih sangat dinamis. Para tokoh yang akan bertarung masih memiliki peluang untuk menaikkan elektabilitas dan popularitas.

"Empat bulan ini para calon masih sangat bisa menaikkan popularitas. Banyak cara yang bisa digunakan, berbeda dengan puluhan tahun lalu. Sekarang sudah cepat untuk mengangkat popularitas seseorang," kata Mukhradis.

#Archi House #Adi Rasyid Ali #Rudianto Lallo #dprd makassar