Kamis, 06 Juni 2024 16:10

Musda PPDI Barru: Suardi Saleh Ingatkan 3 Fokus Nasional untuk Desa

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musda PPDI Barru: Suardi Saleh Ingatkan 3 Fokus Nasional untuk Desa

Suardi Saleh menekankan bahwa PPDI harus menjadi wadah informasi, tukar menukar pengalaman, dan saling membantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan, baik pribadi maupun dalam rangka penyelesaian tugas.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Barru Tahun 2024 di Lantai 6 MPP Kantor Bupati Barru, hari ini, Kamis, (6/5/2024).

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menekankan bahwa PPDI harus menjadi wadah informasi, tukar menukar pengalaman, dan saling membantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan, baik pribadi maupun dalam rangka penyelesaian tugas.

"PPDI juga bisa menjadi alat komunikasi antar anggota dan wadah dalam penyelesaian persoalan yang dihadapi di desa untuk dikomunikasikan ke level atas," jelas Suardi.

Baca Juga : STIA Al Gazali Barru Bertransformasi Menjadi ITBA

Bupati Barru juga mengingatkan agar asosiasi ini dapat bersinergi, solid, dan menghindari persaingan yang tidak sehat.

"Tujuannya sama, yakni bagaimana mewujudkan cita-cita para pendahulu kita sebagaimana Tujuan Nasional yang termaktub dalam UUD 1945 yaitu melindungi masyarakat, mencerdaskan masyarakat, dan mensejahterakan masyarakat," ungkapnya.

Suardi menegaskan bahwa kehadiran asosiasi atau organisasi ini penting untuk mensolidkan aparat di desa, sehingga tujuan menghadirkan pengelolaan pemerintah desa yang baik dan akuntabel dapat diwujudkan.

Baca Juga : Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan 2024: Dokter Ulfah Serukan Pelayanan Maksimal untuk Masyarakat

Di hadapan peserta Musda, Suardi mengingatkan 3 hal yang menjadi fokus secara nasional agar menjadi perhatian pemerintah desa dan perangkat desa, yakni, menghilangkan kemiskinan ekstrem, mencapai target stunting, meningkatkan ekonomi desa

Di akhir sambutannya, dia berharap siapapun yang terpilih pada Musda ini dialah yang akan mengkoordinasikan aspirasi bersama.

"Jangan sampai terjadi kompetisi tidak sehat antar asosiasi didesa, dengan sinergitas dan kebersamaan kita akan lebih mudah mencapai tujuan dan target kita dalam mengurus masyarakat desa," kata Suardi.

Baca Juga : 53 Hafidz/Hafidzah Lulus dari UPTD SMPN 17 Barru, Ini Harapan Bupati Suardi Saleh

Sebelumnya, Ketua PPDI Provinsi Sulawesi Selatan Tabahalilintar menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Barru atas bantuan dan support sehingga Musda ini dapat terlaksana.

Dirinya mengakui bahwa Bupati Barru memiliki perhatian sangat besar kepada perangkat desa, hal ini dibuktikan dengan telah diterbitkannya NIPD (Nomor Induk Perangkat Desa) kepada para perangkat desa di Kab.Barru dimana di Sulawesi Selatan baru 4 Kabupaten yang melakukan.

Sementara Ketua Panitia Musda PPDI Kab.Barru Rukmanto yang juga Sekretaris Desa Balusu dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini mengusung tema "Sinergitas PPDI dengan Pemerintah Daerah dalam Kebersamaan guna Mewujudkan Perangkat Desa yang Sejahtera, Bermanfaat, Bermartabat dan Profesional".

Baca Juga : Plt Ketua PKK Barru Harap Kelompok Majelis Taklim Nurul Huda Tetap Berlanjut

Musda PPDI Kab.Barru tahun 2024 diikuti oleh 200 orang yang merupakan utusan Perwakilan Pemerintah Desa Se Kab.Barru yang terdiri dari unsur Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi dan Kepala Dusun.

Hadir dalam acara tersebut Kadis PMDPPKBPPPA Kab.Barru, Ketua PPDI Provinsi Sulsel (Tabahalilintar) bersama Pengurus, Ketua APDESI Kab.Barru, Ketua ABPEDNAS Kab.Barru, Ketua Panitia Musda PPDI Kab.Barru, dan seluruh Perangkat Desa (Sekdes, Kasi, Kaur dan Kepala Dusun) se-Kab.Barru.

#Pemkab Barru #suardi saleh #PPDI Barru