Kamis, 30 Mei 2024 16:54

Bawaslu Barru Libatkan Pelajar Jadi Agen Anti Politik Uang

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bawaslu Barru Libatkan Pelajar Jadi Agen Anti Politik Uang

Ketua Bawaslu Kabupaten Barru, Najemuddin, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada calon pemilih pemula tentang bahaya politik uang dan bagaimana cara menolaknya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barru melibatkan siswa-siswi SMA/SMK/MA dalam mengkampanyekan anti politik uang. Bawaslu Kabupaten Barru mewujudkan hal ini dengan mengadakan sosialisasi dan lomba video "Anti Politik Uang".

Ketua Bawaslu Kabupaten Barru, Najemuddin, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada calon pemilih pemula tentang bahaya politik uang dan bagaimana cara menolaknya.

"Politik uang dapat merusak demokrasi. Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi generasi muda tentang bahaya politik uang," kata Najemuddin.

Baca Juga : Panwascam Barru Dilantik, Bawaslu: Integritas Pengawas Pemilu Harga Mati!

Najemuddin berharap siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan ini dapat menjadi agen perubahan dan membantu menyebarkan pesan anti politik uang kepada teman sebaya, keluarga, dan masyarakat.

Pimpinan Bawaslu Barru Mastan, divisi hukum, pencegahan, Parmas, dan Humas, menambahkan bahwa lomba video "Anti Politik Uang" merupakan salah satu cara yang kreatif untuk menjangkau generasi muda.

"Melalui lomba ini, diharapkan para siswa dapat menuangkan ide dan kreativitas mereka dalam menyampaikan pesan anti politik uang," kata Mastan.

Baca Juga : Bawaslu Barru Rapat Koordinasi Penguatan Pengawasan Pemilu Partisipatif Antar Lembaga

Mastan juga menjelaskan bahwa politik uang dapat dicegah dari awal, salah satunya dengan mengedukasi calon pemilih pemula.

"Data pemilih pemula di Barru menunjukkan bahwa ada 4.164 orang yang berusia antara 17-18 tahun. Mereka ini adalah kelompok yang rentan terhadap politik uang," kata Mastan.

Bawaslu Barru berharap melalui kegiatan ini, para pemilih pemula dapat terhindar dari politik uang dan menggunakan hak pilih mereka dengan bertanggung jawab.

Baca Juga : Bawaslu Barru Rakor Penguatan Pengawasan Pemilu Partisipatif Antarlembaga

Sosialisasi dan Lomba Video "Anti Politik Uang"

Sosialisasi dan lomba video "Anti Politik Uang" diumumkan dalam kegiatan sosialisasi Bawaslu Kabupaten Barru pada Kamis (30/5/2024) di Cafe 3R, Tanete Riaja. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah di Barru.

Dalam kegiatan ini, Bawaslu Barru menghadirkan pemateri konten kreatif yang memberikan gambaran terkait lomba video. Para siswa juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan pemateri.

Baca Juga : Bupati Barru Ajak Bersinergi Jaga Masa Tenang Pemilu 2024

Lomba video "Anti Politik Uang" terbuka untuk seluruh siswa-siswi SMA/SMK/MA di Barru. Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan.

#Bawaslu Barru #Anti Politik Uang