Selasa, 28 Mei 2024 18:42

Hadiri Pelepasan Siswa, Suardi Saleh Cerita Masa Kecil di SMPN 18 Barru

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hadiri Pelepasan Siswa, Suardi Saleh Cerita Masa Kecil di SMPN 18 Barru

Suardi Saleh juga berbagi pengalaman masa kecilnya saat bersekolah di SMPN 18 Barru. Dirinya teringat pesan kepala sekolahnya yang memotivasi untuk selalu mengingat sekolahnya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh menghadiri acara Pelepasan Siswa-Siswi Kelas IX UPTD SMPN 18 Barru Tahun Pelajaran 2023-2024 yang diadakan di Aula SMPN 18 Barru Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, pada hari Selasa (28/05/2024).

Dalam kesempatan ini, Bupati Barru menyerahkan penghargaan kepada 10 siswa berprestasi sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kegigihan mereka dalam belajar.

Bupati menyampaikan bahwa pendidikan merupakan kunci utama dalam meraih kesuksesan dan kemajuan bangsa, terlebih di era globalisasi saat ini yang penuh dengan persaingan.

Baca Juga : STIA Al Gazali Barru Bertransformasi Menjadi ITBA

"Pendidikan memberikan pengetahuan, membangun karakter, dan mempersiapkan masa depan. Itulah mengapa pemerintah daerah menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan," ujar Suardi Saleh.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa Kabupaten Barru telah mengalokasikan 35,8% dari APBD untuk sektor pendidikan, melebihi target nasional 20%. Hal ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan di Barru.

Suardi Saleh juga berbagi pengalaman masa kecilnya saat bersekolah di SMPN 18 Barru. Dirinya teringat pesan kepala sekolahnya yang memotivasi untuk selalu mengingat sekolahnya.

Baca Juga : Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan 2024: Dokter Ulfah Serukan Pelayanan Maksimal untuk Masyarakat

Ia pun bersyukur atas pesan tersebut, karena berkat pesan itu, Pemerintah Kabupaten Barru telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 3 miliar untuk pembangunan dan renovasi sekolah.

Sebagai motivasi bagi para siswa, Suardi Saleh menyampaikan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor utama yang menentukan kesuksesan seseorang adalah soft skill yang diperoleh dari kegiatan ekstrakurikuler.

Oleh karena itu, ia mendorong para siswa untuk aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka dan OSIS.

Baca Juga : 53 Hafidz/Hafidzah Lulus dari UPTD SMPN 17 Barru, Ini Harapan Bupati Suardi Saleh

"Apapun pilihan sekolah dan jurusan, saya harap kalian harus bisa menguasai IT, bahasa Inggris, dan terus belajar karena kita berada di era digitalisasi," pesan Suardi Saleh.

Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada para guru yang telah dengan sabar mendidik dan membimbing para siswa. Ia pun berharap agar para siswa dapat terus berprestasi dan mengharumkan nama sekolah.

Sementara itu, Kepala UPTD SMPN 18 Barru, Ilham dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Barru atas perhatiannya yang besar terhadap sekolahnya.

Baca Juga : Musda PPDI Barru: Suardi Saleh Ingatkan 3 Fokus Nasional untuk Desa

Suardi Saleh berharap agar kedepannya akan ada alumni SMPN 18 Barru yang dapat mengikuti dan melampaui prestasi Bupati Barru.

Acara pelepasan siswa ini juga dihadiri oleh Asisten 1 Setda Barru, Kepala Disdikbud, Kepala Disparpora, Camat Soppeng Riaja, Wakapolsek Soppeng Riaja, perwakilan Danramil Soppeng Riaja, Kepala UPTD SMAN 2 Barru, Ketua Komite UPTD SMPN 18 Barru, para dewan guru, staf, tenaga pendidik UPTD SMPN 18 Barru, Kepala Puskesmas Mangkoso, Lurah Mangkoso, orang tua/wali siswa, dan para undangan lainnya.

Pelepasan siswa ini menandai berakhirnya masa belajar bagi 138 siswa SMPN 18 Barru, yang terdiri dari 66 siswa laki-laki dan 72 siswa perempuan. Diharapkan para siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-cita mereka.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #SMPN 18 Barru