Rabu, 22 Mei 2024 11:33

Penjabat Bupati Andi Bataralifu Lepas 475 Jamaah Haji Wajo

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjabat Bupati Andi Bataralifu Lepas 475 Jamaah Haji Wajo

"Kepada petugas kloter kami titipkan jamaah haji Wajo, agar dapat melayani jamaah kita dengan baik. Begitu juga tim kesehatan, agar melakukan pemeriksaan secara berkala kepada jamaah haji terutama yang berstatus lansia maupun yang memiliki status kesehatan risiko tinggi,"

RAKYATKU.COM, WAJO - Penjabat Bupati Wajo, Andi Bataralifu melepas secara resmi 475 Jamaah Calon Haji (JCH) di ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (232/5/2023). 475 JCH Kabupaten Wajo ini tergabung dalam kloter 22 UPG dan 32 UPG.

Pelepasan JCH tersebut dihadiri Ketua DPRD Wajo H.A. Alauddin Palaguna, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Kantor Kemenag Wajo, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Petugas Haji, Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan JCH serta undangan yang hadir.

Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu mengungkapkan, bahwa tahun ini, Pemerintah Kabupaten Wajo tetap menganggarkan biaya pemberangkatan dan pemulangan haji. Hal ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada seluruh masyarakat. 

Baca Juga : Penamatan Umum 1.391 Santri Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang

"Penyediaan transportasi, mengusahakan keamanan yang kondusif, baik pada saat pemberangkatan maupun pada saat pemulangan. Pengamanan barang jamaah dan seluruh rombongan yang mengiringi jamaah, penyediaan makanan dan minuman proses pelaksanaan mulai dari tahap silaturahmi yang dilaksanakan pagi ini, sampai dengan pemulangan jamaah haji pada bulan juli yang akan datang. Hal sebagai bentuk komitmen Pemda Wajo untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji," ujarnya pada Rabu (22/5/2024). 

Andi Batarlifu berpesan agar jamaah haji asal Kabupaten Wajo tetap menjaga sopan santun dan nilai budaya bangsa Indonesia. Junjung nilai kekeluargaan, patuh pada aturan yang berlaku hindari segala perselisihan.

"Kepada petugas kloter kami titipkan jamaah haji Wajo, agar dapat melayani jamaah kita dengan baik. Begitu juga tim kesehatan, agar melakukan pemeriksaan secara berkala kepada jamaah haji terutama yang berstatus lansia maupun yang memiliki status kesehatan risiko tinggi," harap Bataralifu.

Baca Juga : Fraksi DPRD Wajo Sampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023

Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Dirjen Otoda Kemendagri ini mengatakan, perjalanan haji bukanlah perjalanan yang ringan. Perjalanan ini memerlukan kesiapan fisik, mental, dan spiritual yang matang. 

"Marilah kita persiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tingkatkan keikhlasan, ketabahan, dan kesabaran dalam menjalani setiap rangkaian ibadah yang penuh makna dan hikmah ini. Ingatlah, setiap langkah yang kita ambil di tanah suci adalah langkah yang penuh berkah dan pahala," pungkasnya.

Sebelumnya Panitia Pelaksana Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Wajo Hj. Ernawati Aras melaporkan bahwa, pemberangkatan jamaah haji terdiri dari 2 kelompok terbang yakni kloter 22 UPG berjumlah 251 orang yang akan diberangkatkan menuju embarkasi Makassar pada tanggal 26 Mei 2024 pukul 23:00 WITA. Sementara, kloter 32 UPG berjumlah 224 orang jamaah dan akan diberangkatkan menuju Embarkasi Makassar pada Tanggal 2 Juni 2024 Pukul 23:00 WITA.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Serahkan Ranperda LKPJ ke DPRD

Ernawati Aras menyebutkan, jamaah termuda umur 21 tahun atas nama Ayu Risma Octavia Binti Muhammad Yusuf dari Kecamatan Majauleng dan Jamaah tertua umur 96 tahun atas nama Tahir Bin Lamappe dari Kecamatan Pammana.

"Tahun ini disediakan 34 unit bus untuk pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Sementara truck untuk mengangkut barang jamaah dan air zam-zam sebanyak 12 unit yang disediakan," tandas Kabag Kesra Setda Wajo ini.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #DPRD Wajo