Senin, 20 Mei 2024 18:08

TP PKK Barru dan Bulog Parepare Bersinergi Stabilkan Harga Pangan di Soppeng Riaja

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
TP PKK Barru dan Bulog Parepare Bersinergi Stabilkan Harga Pangan di Soppeng Riaja

Ulfah menambahkan bahwa GPM merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga murah.

RAKYATKU.COM, BARRU - Plt Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Barru, Ulfah Nurul Huda, meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Aula Kantor Camat Soppeng Riaja, Senin (20/5/2024).

GPM diinisiasi Pemkab Barru melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, TP PKK Barru, dan Perum Bulog Cabang Parepare. Tujuannya untuk mengendalikan inflasi dan menstabilkan pasokan dan harga pangan di Kabupaten Barru.

"Pelaksanaan GPM ini untuk menindaklanjuti instruksi Kemendagri dan Pj Gubernur Sulsel," kata Ulfah.

Baca Juga : TP PKK Barru dan Provinsi Sulsel Kolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

"Sebelumnya GPM tingkat kabupaten telah dilaksanakan beberapa bulan lalu, dan hari ini di Soppeng Riaja setelah dua kecamatan lainnya, Tanete Rilau dan Tanete Riaja," sambungnya.

Ulfah menambahkan bahwa GPM merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga murah. Hal ini terbukti dengan apresiasi yang diterima Pemkab Barru dari Pemprov Sulsel atas konsistensi pelaksanaan GPM secara mandiri.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bulog Parepare atas bantuannya dalam pelaksanaan GPM di Kabupaten Barru," ujar Ulfah. "Saya harap GPM ini dapat menjaga perekonomian masyarakat dan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari mereka."

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru Kampanyekan Pencegahan Stunting dan Aksi Bergizi di SMAN 1 Barru

Dalam kesempatan ini, Ulfah mengajak masyarakat untuk memanfaatkan GPM dan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasar dengan kualitas yang terjamin.

Ia juga memotivasi TP PKK untuk mengoptimalkan 10 Program PKK dalam mendukung GPM dan membantu pemerintah menjaga ketahanan pangan.

"Mari bersama manfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk ditanami, dan kembangkan diri melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga atau pemberdayaan lainnya," harap Ulfah.

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru Tinjau Kelurahan Palanro dan Desa Cilellang dalam Lomba Desa dan Kelurahan

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru, Ahmad, menyebutkan bahwa inflasi di Kabupaten Barru saat ini berada di 0,22% berkat pelaksanaan GPM tingkat kabupaten dan kecamatan.

"Kami akan terus membangun hubungan dan kerja sama dengan Bulog Parepare dalam menyiapkan stok untuk pelaksanaan GPM ini," kata Ahmad.

Acara peluncuran GPM di Soppeng Riaja dihadiri oleh Asisten 2 Setda Barru, kepala dinas terkait, Camat Soppeng Riaja, Danramil Soppeng Riaja, Kapolsek Soppeng Riaja, perwakilan Bulog Parepare, kepala puskesmas Mangkoso, ketua BPP Kecamatan Soppeng Riaja, pengurus TP PKK Kabupaten Barru dan Kecamatan Soppeng Riaja, para kepala desa dan lurah di Kecamatan Soppeng Riaja, dan masyarakat Soppeng Riaja.

#TP PKK Barru #Ulfah Nurul Huda #Bulog Parepare