Jumat, 17 Mei 2024 17:25

Rapat Senat Sahkan Empat Bakal Calon Rektor Unismuh Makassar

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat senat Unismuh Makassar tetapkan empat Balon Rektor Unismuh Makassar
Rapat senat Unismuh Makassar tetapkan empat Balon Rektor Unismuh Makassar

Keempat calon yang memenuhi syarat tersebut adalah, Dr. Rusli Malli M.Ag, Erwin Akib, M.Pd Ph.D, Prof. Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, dan Dr. Ir. Abd Rakhim Nanda, MT., IPM.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Rapat Senat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah mengesahkan empat Bakal Calon Rektor. Rapat tersebut berlangsung, di Ruang Senat, Gedung Iqra Lantai 17, Jumat, 17 Mei 2024

Dalam rapat itu, Senat Unismuh menyetujui hasil verifikasi berkas Panitia Pemilihan Rektor Unismuh Makassar periode 2024-2028. Berdasarkan hasil verifikasi, dari delapan orang bakal calon rektor, empat di antaranya dinyatakan memenuhi syarat.

Keempat calon yang memenuhi syarat tersebut adalah, Dr. Rusli Malli M.Ag, Erwin Akib, M.Pd Ph.D, Prof. Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, dan Dr. Ir. Abd Rakhim Nanda, MT., IPM.

Baca Juga : Buka Baitul Arqam Lembaga Kemahasiswaan, Rektor Unismuh Ulas Tiga Tugas Muhammadiyah

Sementara itu, empat bakal calon lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak melengkapi beberapa berkas yang dibutuhkan, dan atau tidak memenuhi syarat tertentu.

Keempat calon yang belum memenuhi persyaratan, pertama Prof. Dr. Gagaring Pagalung, M.Si. "Beliau belum pernah menjadi Pejabat Struktural di Unismuh Makassar," ungkap Sekretaris Panitia Pemilihan Dr. Baharullah, M.Pd.

Sementara Dr Muryani Arsal MM, Dr Syamsia M.Si, dan Dr Alimuddin tidak melampirkan surat izin dari instansi induk mereka sebagai PNS.

Baca Juga : Sekretaris PP Muhammadiyah Dorong Unismuh Masuk Radar Perguruan Tinggi Dunia

"Bu Muryani dan Bu Syamsia tidak melampirkan surat izin dari LLDIKTI, sebab mereka adalah dosen DPK. Sementara Pak Alimuddin, tidak melampirkan surat izin dari UIN Alauddin," ungkap Baharullah yang juga Sekretaris Senat Akademik Unismuh Makassar.

Tahapan Pemilihan

Selanjutnya, keempat nama Bakal Calon tersebut akan diteruskan ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel untuk melakukan tahapan seleksi selanjutnya khususnya dari aspek Al-Islam Kemuhammdiyahan.

Baca Juga : Unismuh Makassar Lantik 9 Pejabat Baru, Rektor: Bekerjalah dengan Hati

Setelah keluar rekomendasi bakal calon dari PWM, Pemilihan Calon Rektor oleh senat dijadwalkan pada 10 Juni 2024. "Namun jadwal ini bakal menyesuaikan dengan keluarnya surat rekomendasi dari PWM," tambah Ketua Panitia Pemilihan Dahlan Lama Bawa.

Tiga besar nama Calon Rektor hasil pemilihan senat, lanjutnya, akan diteruskan ke Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Majelis Diktilitbang akan melakukan fit dan proper test terhadap ketiga Calon Rektor, dan memberikan pertimbangan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Nanti PP Muhammadiyah yang bakal memutuskan Rektor Unismuh Periode 2024-2028," jelas Dahlan.

Baca Juga : Menko PMK Muhadjir Effendi Kunjungi Unismuh Makassar, Bahas Sinergi Pemerintah dan Amal Usaha Muhammadiyah

Ia menyebut, pelantikan Rektor baru Unismuh bakal digelar sebelum 9 Agustus 2024.

Semua tahapan tersebut dikawal oleh Panitia Pemilihan, yang terdiri dari Dr. Dahlan Lama Bawa, S.Ag., M.Ag. (Ketua merangkap anggota), Dr. Baharullah, M.Pd. (Sekretaris merangkap anggota), dan Dr. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si. (Juru bicara merangkap anggota).

#Calon Rektor Unismuh #Rapat Senat #Unismuh Makassar