Jumat, 10 Mei 2024 16:10

PT Vale Luncurkan Program Pengembangan Kualitas Pendidikan Se-Loeha Raya

Rakyatku.com
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Program pengembangan kurikulum satuan pendidikan berbasis lokal se-Loeha Raya yang resmi dibuka di SD Bantilang, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, Selasa (7/5/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)
Program pengembangan kurikulum satuan pendidikan berbasis lokal se-Loeha Raya yang resmi dibuka di SD Bantilang, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, Selasa (7/5/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale meluncurkan program pengembangan pendidikan di Loeha Raya, dengan fokus pada kurikulum lokal dan pelatihan untuk guru serta kepala sekolah. Program ini mendapat apresiasi dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat, sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia berkomitmen terus mendukung pengembangan kualitas pendidikan di empat wilayah pemberdayaan. Salah satunya melalui program pengembangan kurikulum satuan pendidikan berbasis lokal se-Loeha Raya, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel Program resmi dibuka di SD Bantilang, Selasa (7/5/2024).

Pembukaan kegiatan dilanjutkan lokakarya selama satu pekan kepada para kepala sekolah dan guru yang difasilitasi pengajar dari Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS).

Peluncuran program ini dihadiri Kepala Bidang Pembinaan SD Luwu Timur, Agus Zaman, Camat Towuti, Saenal, Kepala Desa Bantilang, Ikbal, Kepala Desa Loeha, Hamka Tandioga, pengajar YPS, serta para guru dan kepala sekolah se-Loeha Raya. Manajemen PT Vale diwakili Senior Coord Sustaining & Growth Project, Laode Muhammad Ichman.

Baca Juga : PT Vale Raih Perpanjangan Izin Operasi hingga 2035

Sebelum peluncuran, hasil asesmen yang dilakukan perseroan bersama dengan YPS terhadap sekolah di Loeha Raya merekomendasikan pendampingan penerapan kurikulum merdeka dan pendampingan fungsi kepala sekolah. Sekolah yang akan mendapatkan pendampingan terdiri dari 7 TK, 5 SD, 2 SMP, dan 1 SMA.

Direktur External Relations PT Vale, Endra Kusuma, mengatakan melalui program ini perseroan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para kepala sekolah, guru, dan staf sekolah, agar dapat mengajar secara efektif dan menggunakan kurikulum materi secara adaptif.

Perusahaan memandang, langkah strategis dalam memajukan dan berkontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Loeha Raya, dengan mempersiapkan angkatan kerja yang berkualitas, dan memperbaiki metode belajar melalui kurikulum merdeka yang akan diterapkan dari sekolah TK hingga SMA.

Baca Juga : PT Vale Indonesia Beri Layanan Trauma Healing Anak Korban Bencana di Luwu

"Kami berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Loeha Raya karena kami yakin pendidikan paling utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang bisa berkompetisi di masa depan. Selain itu, peningkatan mutu pengajar dan staf adalah salah satu hal penting, yang harus dilakukan untuk membangun individu-individu berdaya saing,” kata Endra.

Perseroan akan senantiasa berkontribusi dan memberikan dukungan kepada masyarakat dalam aspek pengembangan kualitas mutu pendidikan. Hal ini relevan dengan kesiapan mandiri masyarakat menghadapi berbagai tantangan pendidikan di masa depan.

“Perseroan sudah menginisiasi beberapa program pengembangan SDM, di antaranya bimbingan dan pendampingan untuk siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Hari ini kami melanjutkan program pendidikan dengan penerapan kurikulum merdeka di sekolah,” papar Endra.

Baca Juga : PT Vale Fasilitasi 29 Anak Muda Luwu Timur Menuju Pendidikan Tinggi

“Perseroan menilai program ini sangat berpengaruh terhadap pengembangan kualitas pendidikan di masa depan. PT Vale bersama Pemkab Lutim berkomitmen terus memberikan kontribusi terbaik khususnya dalam bidang pendidikan untuk masyarakat di Loeha Raya,” lanjutnya.

Kegiatan ini disambut baik pemerintah daerah, kepala desa, dan masyarakat setempat, khususnya para guru di Loeha Raya. Kepala Bidang Pembinaan SD Luwu Timur, Agus Zaman, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur mengapresiasi PT Vale atas program tersebut. Baginya, kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Luwu Timur, khususnya di Loeha Raya.

“Kami menyadari, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi. Tapi kami optimis, apabila kegiatan seperti ini berjalan baik dan efektif melalui kerja sama yang kuat antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan, daerah kita akan maju dan menjadi contoh keberhasilan dalam pembangunan pendidikan di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Dukung Keberlanjutan PT Vale di Luwu Timur

Kepala Desa Bantilang, Ikbal, turut mengucapkan terima kasih kepada PT Vale yang membuat program positif dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program PT Vale tersebut.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk generasi selanjutnya. Khusus untuk SMA di Loeha Raya, kami berharap PT Vale terus memberikan pendampingan agar tidak ada anak-anak yang tertinggal dalam bidang pendidikan. Karena SMA di sini terbilang masih baru dan membutuhkan bimbingan agar para alumni bisa bersaing di perguruan tinggi terkenal dan menghasilkan SDM yang unggul," ucapnya.

#PT Vale Indonesia