Rabu, 08 Mei 2024 15:15

Pj Gubernur Sulsel Ajak Dukung Keberlanjutan PT Vale di Luwu Timur

Rakyatku.com
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menghadiri peringatan HUT ke-21 Luwu Timur, Jumat (3/5/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menghadiri peringatan HUT ke-21 Luwu Timur, Jumat (3/5/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengajak masyarakat mendukung keberlanjutan operasional PT Vale Indonesia di Luwu Timur yag telah menjaga lingkungan dengan baik selama 56 tahun. CEO PT Vale, Febriany Eddy, juga menegaskan komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan dengan standar tinggi dalam tiap aspek operasionalnya.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung keberlanjutan operasional PT Vale Indonesia di Luwu Timur.

Bahtiar menyampaikan itu dalam rapat paripurna istimewa HUT ke-21 Luwu Timur di Ruang Sidang DPRD Luwu Timur, Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, PT Vale merupakan salah satu perusahaan tambang terbaik di Indonesia yang konsisten memperhatikan ekosistem lingkungan. Selama 56 tahun beroperasi di Luwu Timur, PT Vale mampu menjaga kejernihan air Danau Matano.

Baca Juga : PT Vale Serahkan Alkes dan Paket Makanan Sehat ke Sembilan Puskesmas di Luwu Timur

“Kita harus jujur mengakui, PT Vale adalah perusahaan tambang terbaik di Indonesia yang konsisten merawat lingkungan. Makanya seluruh masyarakat harus mendukung PT Vale untuk melanjutkan operasinya di Luwu Timur,” ujar Bahtiar.

Dia membandingkan Luwu Timur dengan daerah pertambangan di wilayah lain di Indonesia. Menurutnya, meskipun Luwu Timur memiliki perusahaan tambang yang telah beroperasi puluhan tahun, tetapi lingkungannya tetap terjaga, tidak ada hutan gundul bahkan area yang berlubang.

“Saya sudah keliling Indonesia dan melihat seluruh wilayah bekas tambang di Indonesia penuh lubang, mereka meninggalkan lokasi tambang tanpa bertanggung jawab tidak seperti PT Vale. PT Vale memang berkomitmen menjaga lingkungan dan juga konsisten memegang semboyan, yaitu people, planet, dan profit,” jelasnya

Baca Juga : PT Vale Rehabilitasi 200 Hektare Lahan DAS di Bali, Wujud Komitmen Keberlanjutan

Pada awal Januari 2024, Bahtiar berkunjung ke area operasi PT Vale dan melihat langsung praktik pertambangan baik yang diterapkan perseroan selama ini.

"PT Vale ini bisa menjadi contoh perusahaan di Indonesia, bahkan dunia, bagaimana melakukan penambangan sekaligus menjaga lingkungan. Perseoran melakukan berbagai upaya untuk menjaga ekosistem. Bisa dikatakan, PT Vale adalah perusahaan tambang terbaik yang kita miliki," puji Bahtiar.

CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy, menjelaskan bahwa PT Vale telah menetapkan standar tinggi dalam hal pengelolaan lingkungan. Dari pengelolaan limbah hingga rehabilitasi lahan, perusahaan ini telah memprioritaskan praktik-praktik ramah lingkungan dalam tiap aspek operasionalnya.

Baca Juga : Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Vale Ajak Ibu PKK Se-Loeha Raya Belajar Daur Ulang Sampah Plastik

“Komitmen kami terhadap lingkungan juga tercermin dalam upaya untuk terlibat dalam proyek-proyek konservasi dan penanaman pohon, baik di sekitar area operasional maupun di luar area operasional,” katanya.

#PT Vale Indonesia