Selasa, 07 Mei 2024 14:15

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Banjir-Longsor Luwu

Rakyatku.com
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Vale Indonesia menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu. (Foto: PT Vale Indonesia)
PT Vale Indonesia menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir dan longsor di Luwu, yang meliputi bantuan logistik dan tim tanggap darurat, sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap musibah tersebut. Bantuan disalurkan dalam upaya membantu evakuasi, mendukung kebutuhan dasar, serta mengurangi beban yang dirasakan oleh masyarakat terdampak.

RAKYATKU.COM, LUWU - PT Vale Indonesia menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Senin (6/5/2024).

Bantuan kemanusiaan PT Vale diserahkan langsung Director External Relations PT Vale, Endra Kusuma, kepada Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh, di posko induk tanggap darurat bencana alam Sulsel. Bantuan yang diberikan sebagai wujud kepedulian atas musibah banjir bandang dan tanah longsor.

Endra mengatakan respons cepat dilakukan untuk membantu korban banjir dan tanah longsor, tidak saja dalam bentuk bantuan logistic, PT Vale juga telah menurunkan Tim Emergency Response Group (ERG) ke lokasi banjir bandang di Belopa, Luwu, Sulsel, Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga : PT Vale Serahkan Alkes dan Paket Makanan Sehat ke Sembilan Puskesmas di Luwu Timur

"Hari ini kita menyalurkan bantuan logistik untuk keluarga kita di Luwu. Sebelumnya kita juga sudah menurunkan tim emergency dan support kita sejak hari Jumat untuk membantu evakuasi korban terutama di daerah Suli dan Suli Barat," ujarnya.

Dia menjelaskan, sejak hari pertama terjadinya bencana, tim PT Vale telah melakukan asesmen, bantuan apa yang dibutuhkan untuk masyarakat Luwu, terutama daerah korban bencana alam. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pendistribusian barang dan kebutuhan pokok sehingga dapat disalurkan dengan baik.

"Kami dari PT Vale menyampaikan duka cita dan ikut merasakan duka yang masyarakat Luwu rasakan. Semoga musibah ini dapat segera terlewati. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban para korban bencana," jelasnya.

Endra menuturkan bantuan ini juga sejalan dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan, yaitu menghargai bumi dan masyarakat. Tak hanya itu, perusahaan juga berkomitmen akan merespons semua bentuk bencana di tanah air, tidak saja yang terjadi wilayah operasional, tapi juga di wilayah lainnya yang membutuhkan bantuan.

"Mewakili manajemen dan seluruh karyawan PT Vale, kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat kepada seluruh korban bencana banjir dan tanah longsor di empat kabupaten di Sulsel. Kami juga mendoakan agar selalu diberi kekuatan dan ketabahan menghadapi musibah ini," paparnya.

Bantuan PT Vale untuk para korban banjir bandang dan longsor di Luwu sudah disalurkan sejak Jumat pekan lalu. Khusus bantuan logistik, PT Vale menyalurkan bantuan untuk balita, seperti popok, susu, biskuit, minyak angin untuk anak-anak, baju bayi-balita, selimut-sarung, vitamin, alat mandi, dan tikar.

Perseroan juga menyalurkan bantuan untuk kebutuhan remaja atau orang dewasa, yakni dalaman laki laki-perempuan, pakaian laik pakai, sarung, alat salat, peralatan mandi, sendal jepit, antinyamuk, obat kutu air, obat-obat luka, lilin, dan senter.

Selanjutnya kebutuhan lansia, yakni, sarung, bedak gatal, rheumacyl, purol, minyak kayu putih, minyak gosok pakaian dalam. Kebutuhan dapur, seperti kompor, sendok, gelas, piring, alat memasak, bumbu bumbu dapur, air minum, dan sembako. Kebutuhan tambahan, yakni, pipa, sambungan pipa, lem pipa, ember, baskom, dan timba.

Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh, menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Vale yang telah ikut tergerak membantu korban bencana di wilayahnya.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Luwu menyampaikan penghargaan kepada PT Vale yang telah berupaya meringankan beban masyarakat kami yang terkena bencana banjir dan longsor," kata Saleh.

Baca Juga : PT Vale Rehabilitasi 200 Hektare Lahan DAS di Bali, Wujud Komitmen Keberlanjutan

Turunkan Emergency Response Group

PT Vale Indonesia mengirimkan bantuan logistik dan tim Emergency Response Group (ERG) ke lokasi banjir bandang di Belopa, Luwu, Sabtu (4/5/2024). Tim tanggap darurat terdiri atas empat orang Fire and Emergency Services (FES) dan satu orang External Relations, lengkap dengan peralatan penanganan bencana.

Di lokasi, tim ERG PT Vale akan bergabung dengan tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, dan Basarnas. Selain menyalurkan bantuan logistik, tim ini juga akan menjalankan misi kemanusiaannya dengan mendukung upaya pencarian dan evakuasi korban.

Director Safety, Health and Operation Risk PT Vale, Adli Lubis, menuturkan fokus utama yang akan dikerjakan tim di lapangan adalah melakukan asesmen guna mengetahui kebutuhan paling mendesak para korban selain bahan pokok.

#PT Vale Indonesia