Kamis, 02 Mei 2024 14:04

Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Dalam amanatnya, Bupati Barru membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Barru Tahun 2024 yang dilaksanakan di Dusun Mareppang, Desa Nepo, Kecamatan Mallusetasi, Kamis (2/5/2024).

Dalam amanatnya, Bupati Barru membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Ia menyampaikan bahwa lima tahun terakhir merupakan masa penuh kesan bagi Kemendikbudristek dalam memimpin gerakan Merdeka Belajar.

Baca Juga : Baznas Barru Bangun Kantor Baru, Siap Perkuat Penanganan Kemiskinan

"Merubah perspektif tentang proses pembelajaran bukanlah hal yang mudah," ujar Bupati Barru. "Namun, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan tak terbayangkan, yaitu pandemi."

Meskipun pandemi membawa dampak besar pada proses belajar mengajar dan cara hidup, Suardi Saleh menekankan bahwa pandemi juga membuka kesempatan untuk mempercepat perubahan.

"Dengan gotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat," tuturnya.

Baca Juga : Menuju Barru Maju Berkelanjutan, Musrenbang RPJPD 2025-2045 Kumpulkan Saran dan Masukan

Gerakan Merdeka Belajar telah membawa banyak perubahan positif. Kini, anak-anak Indonesia merasa merdeka saat belajar di kelas, guru berani mencoba hal baru, mahasiswa siap berkarya dan berkontribusi, serta seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berkarya dan menghasilkan karya kreatif.

"Melalui sambutan tertulisnya, Mendikbudristek Nadiem menitipkan Merdeka Belajar kepada kita semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan," pesan Bupati Barru.

"Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," tutupnya.

Baca Juga : Bupati Barru Lantik dan Buka Rapat Kerja IKA GAPPEMBAR, Harapkan Program Kerja Realistis

Setelah upacara, Bupati Barru beserta rombongan melanjutkan kegiatan dengan halalbihalal bersama seluruh peserta upacara yang terdiri dari para kepala sekolah, pengawas dan guru TK, PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Barru.

Hadir dalam acara tersebut, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru, Wakil Bupati Barru, unsur Forkopimda Barru,

Sekda Barru, Para Pimpinan OPD, anggota DPRD, Perwakilan Ketua Dewan Pendidikan, Para Camat Se Kabupaten Barru, Kapolsek Mallusetasi, Danramil Mallusetasi, Para Lurah dan Kades Se Kecamtan Mallusetasi, guru serta praktisi pendidikan.

Baca Juga : Barru Siap Membangun Masa Depan: Ranwal RPJPD 2025-2045 Ditetapkan

Upacara Hardiknas Tingkat Kabupaten Barru Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Barru dan mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

#Pemkab Barru #suardi saleh #Hardiknas 2024