Selasa, 30 April 2024 21:52

Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

RAKYATKU.COM, PAREPARE --Pemkot Parepare kembali meraih penghargaan pembangunan daerah tingkat provinsi Sulsel. Kota Parepare dinobatkan menjadi juara satu penghargaan pembangunan daerah.

Penghargaan itu diserahkan Sekda Provinsi Sulsel Muhammad Arsjad kepada Sekda Parepare Muhammad Husni Syam mewakili Pj Wali Kota Akbar Ali di Claro Hotel Makassar, Selasa (30/4/2024).

Penyerahan penghargaan itu dilakukan di sela-sela Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Salurkan Bantuan Cadangan Beras ke 8.605 KPM, Akbar Ali Pesan Jangan Ada Warga Parepare Tidak Memiliki Beras

"Alhamdulillah Pemkot Parepare kembali meraih juara satu penghargaan pembangunan daerah. Tentu ini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi pemerintah dan masyarakat Parepare," kata Husni saat dihubungi media.

Husni menuturkan penghargaan itu diraih berkat kerja sama pemerintah kota yang dimotori oleh Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali. Atas kerja sama yang baik itu kata dia, mengantarkan Parepare kembali mendapatkan juara satu penghargaan pembangunan daerah.

"Tentu diharapkan semua OPD betul-betul agar dalam membuat perencanaan bisa lebih terarah. Utamanya memprioritaskan kepentingan masyarakat," kata dia.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan PPK, Akbar Ali Harap Perkuat Sinergitas

Sementara itu, Kepala Bappeda Parepare Zulkarnaen menjelaskan PPD ini merupakan ajang penilaian Bappenas secara berjenjang. Penilaian itu terkait dengan proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di kabupaten kota se-Indonesia.

"Khusus di pemerintah provinsi Sulsel dilaksanakan penilaian kabupaten kota atas keberhasilan pembangunan. Termasuk Kota Parepare yang ditunjukkan pada pencapaian ekonomi makro, sosial dan pembangunan manusia," kata dia.

"Penilaian ini juga memperhatikan kualitas dokumen perencanaan tahunan dalam hal ini RKPD dan inovasi daerah," jelasnya.

Baca Juga : Akbar Ali Didaulat Jadi Narasumber di BKSDN Kemendagri

Zulkarnaen juga mengungkapkan peran penting Pj Wali Kota Akbar Ali atas penghargaan tersebut. Menurutnya, Akbar betul-betul mendampingi proses penilaian pembangunan daerah tersebut.

"Bentuk dukungan Pj Walikota Parepare dalam penilaian ini yaitu menyempatkan diri memimpin langsung proses penilaian dari tim independen. Sekaligus mempresentasikan paparan yang sudah disiapkan di hadapan tim penilai," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pemkot Parepare sudah meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) sebanyak tiga kali.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare