Selasa, 16 April 2024 13:50

Suardi Saleh Jabarkan Empat Instruksi Pj Gubernur Sulsel di Apel Perdana Pascalebaran

Rakyatku.com
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suardi Saleh Jabarkan Empat Instruksi Pj Gubernur Sulsel di Apel Perdana Pascalebaran

Setelah cuti Lebaran, Bupati Barru, Suardi Saleh, memimpin apel perdana dan halalbihalal di halaman Kantor Bupati Barru. Dia menjabarkan empat instruksi Pj Gubernur Sulsel mengenai pelayanan mudik, pengendalian inflasi, penanganan bencana, dan persiapan Pilkada 2024.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemkab Barru mengawali kegiatan dengan melaksanakan apel perdana dan halalbihalal pascacuti Lebaran Idulfitri di halaman Kantor Bupati Barru, Selasa (16/4/2024).

Bupati Barru, Suardi Saleh, yang memimpin apel pada awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para peserta apel yang hadir sebagai bentuk kesiapan kembali melaksanakan tugas pelayanan setelah menikmati waktu liburan yang relatif panjang.

Dia berpesan agar para pimpinan perangkat daerah mengecek stafnya yang masih menambah libur untuk diberikan pembinaan khusus. Sebab, hal tersebut merupakan bentuk tindakan indisipliner.

Baca Juga : 20 Panwascam Dilantik, Bupati Barru Harap Kerja Optimal Jaga Pilkada

"Bagaimana bisa menjalankan amanah melaksanakan tugas pelayanan dengan baik ketika tidak bisa menegakkan disiplin. Baik itu disiplin jam kerja, disiplin menyelesaikan tugas/tupoksi, termasuk disiplin berpakaian," tegas Suardi.

Pada kesempatan ini Suardi menjabarkan empat instruksi penting Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, yakni soal pelayanan mudik, pengendalian inflasi, penanganan bencana, serta persiapan Pilkada 2024.

Terkait pelayanan mudik, untuk Barru yang merupakan kota lintasan utana dengan LHR tinggi, maka perlu dijaga jangan sampai ada penghambat kelancaran arus lalu lintas yang sifatnya eksidentil, seperti pasar tumbuh atau kegiatan acara yang memanfaatkan bahu jalan.

Baca Juga : Ponpes Al-Ikhlash DDI Takkalasi Lepas 326 Santri, Bupati Barru: Jadilah Orang Sukses dan Berakhlak Mulia

Kemudian untuk pengendalian inflasi, mesti ada perhatian khusus perangkat daerah terkait agar konsinsten dalam upaya upaya pengendalian inflasi yang dijalankan selama ini, antara lain gerakan pangan murah dan operasi pasar murah, baik reguler maupun khusus (subsidi pangan yang sudah disiapkan dalam APBD). Hal ini untuk menjaga ketersediaan pasokan maupun stabilitasi harga.

Walaupun angka inflasi Sulsel sekarang ini berada pada posisi baik, yakni 2,41, upaya pengendalian harus tetap dijaga termasuk dengan kerja sama antar daerah lain untuk tetap menjaga pasokan pangan.

Terkait penanganan bencana, Suardi menyampaikan paling tidak ada empat hal yang perlu dilaksanakan. Pertama pencegahan/mitigasi. Kedua, kesiapsiagaan. Ketiga, tanggap darurat. Keempat, penganan pascabencana/rehabilitasi rekonstruksi secepatnya.

Baca Juga : Barru Targetkan Penurunan Stunting 14 Persen

"Kita sudah membangun resque center untuk memudahkan koordinasi BPBD, Satpol PP, Damkar, Dinas Kesehatan, dan perangkat daerah terkait," tuturnya.

Terakhir, soal persiapan Pilkada 2024, Suardi memaparkan persoalan pembiayaan dari pemerintah sudah disiapkan dan yang terpenting semua pihak harus bersama-sama menjaga agar pelaksanaan pilkada berjalan aman damai dan sejuk dengan senantiasa menjaga netralitas.

Baca Juga : AGPAII Barru Siap Gelar MUSDA, Bupati Barru: Semoga Berjalan dengan Baik

Pada bagian lain, Suardi mengurai progres pelaksanaan APBD yang akan memasuki triwulan kedua. Dia menekankan agar PA dan PPK segera melakukan percepatan kegiatan fisik terutama pada perangkat daerah dengan jumlah oaket yang besar guna menghindari atau meniadakan Silpa.

Di depan peserta apel, Suardi juga mengevaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari Sakip instansi, Sakip perangkat daerah, reformasi birokrasi, inovasi pelayanan publik, indeks pelayanan publik, serta pembinaan pejabat fungsional.

"Mari melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Kita dituntut melakukan pelayanan yang lebih berkualitas. Pengawasan masyarakat semakin tinggi dan jawabannya adalah perbaiki pelayanan. Selamat hari raya Idulfitri, minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin," tuturnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh