Selasa, 02 April 2024 09:05

BMKG Lakukan TMC Antisipasi Cuaca Ekstrem Periode Mudik Lebaran

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Freepik)
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BMKG akan melakukan TMC mengantisipasi cuaca ekstrem selama periode mudik Lebaran, dengan prediksi hujan ringan hingga sedang sepekan sebelumnya, terutama di wilayah Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua, serta potensi gelombang tinggi di Samudra Hindia bagian selatan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca sepekan sebelum Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M periode 3—9 April 2024 masih didominasi hujan ringan hingga sedang.

"Jika kita lihat, hujan sedang ini bisa berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem, sedangkan untuk periode 10—16 April 2024 sudah mulai agak mereda," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, pada sesi Live Youtube FMB9ID Kominfo, Senin (1/4/2024).

Dia menambahkan saat ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki pancaroba.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kepulauan Selayar Sulsel

"Jika diperhatikan pada 22—23 Maret 2024 lalu sudah terjadi perubahan arah angin. Dari angin baratan menjadi angin timuran," imbuhnya.

Guswanto mengatakan daerah yang diprediksi hujan dengan potensi sedang pada periode mudik, di antaranya Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua.

"Selain itu ada potensi tinggi gelombang perairan 1,25—2,5 meter di Samudra Hindia bagian selatan, "Perlu diwaspadai di Selat Sunda sekitar Pelabuhan Merak dan perairan Ketapang Gilimanuk," ucapnya.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Palu, Sulawesi Tengah

Guswanto menambahkan salah satu upaya BMKG dalam menghadapi cuaca ekstrem selama periode Lebaran Idulfitri, yakni melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"TMC ini akan dilakukan dalam posisi siaga dan standby on call. Pada prinsipnya TMC ini digunakan untuk menangani kondisi cuaca agar tidak terlalu ekstrem," ungkapnya.

#bmkg