Senin, 01 April 2024 23:55

Bupati Barru Ingin Maksimalkan Kawasan Garongkong Sambut Pemindahan IKN

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Ingin Maksimalkan Kawasan Garongkong Sambut Pemindahan IKN

Bupati Barru, Suardi Saleh menegaskan kesiapan Pemerintah Kabupaten Barru untuk menjadikan daerahnya sebagai pintu gerbang Sulawesi Selatan ke Ibukota Nusantara (IKN).

RAKYATKU.COM - Bupati Barru, Suardi Saleh, aktif mengikuti Focus Group Discussion (FGD) dan acara buka puasa bersama para Bupati dan Walikota se-Sulawesi Selatan di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Acara yang bertajuk "Penguatan Simpul dan Wawasan Kebangsaan Pasca Pemilu Presiden dan Legislatif" tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin serta narasumber seperti Ketua Komite Ekonomi Sulsel, Tanri Abeng.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyoroti pentingnya adaptasi terhadap perubahan landskap ekonomi, sosial, dan politik pasca terbentuknya Indonesia Kawasan Nusantara (IKN).

Baca Juga : Ponpes Al-Ikhlash DDI Takkalasi Lepas 326 Santri, Bupati Barru: Jadilah Orang Sukses dan Berakhlak Mulia

"Sulawesi Selatan memiliki posisi strategis sebagai pintu timur terdekat dengan IKN. Potensi yang dimiliki, baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia, dapat dimaksimalkan untuk mengakselerasi pembangunan," ungkapnya.

Menyusul pernyataan tersebut, Bupati Barru, Suardi Saleh menegaskan kesiapan Pemerintah Kabupaten Barru untuk menjadikan daerahnya sebagai pintu gerbang Sulawesi Selatan ke Ibukota Nusantara (IKN).

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah memaksimalkan potensi kawasan pelabuhan Garongkong yang telah terkoneksi dengan jalur Kereta Api sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Baca Juga : Barru Targetkan Penurunan Stunting 14 Persen

"Kebijakan ini sejalan dengan rencana Pemda Sulsel yang merancang Garongkong menjadi KEK di Sulawesi Selatan, sebagai penyangga ibu kota negara baru yang akan berpindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur," jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh Sulawesi Selatan, termasuk Wakil Ketua MPR RI, Dr. HM. Amir Uskara, M. Kes, Wakil Ketua MPR RI, Prof. Dr. H. Syarifuddin Hasan MM. M. BA, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Dr. H. Muhammad Fadil Imran. M. Si, serta unsur Forkopimda Sulsel dan anggota DPRD Sulsel.

Para peserta FGD dan buka puasa juga terdiri dari para Bupati dan Walikota se-Sulawesi Selatan, serta Ketua DPP KKS dan undangan lainnya.

Baca Juga : AGPAII Barru Siap Gelar MUSDA, Bupati Barru: Semoga Berjalan dengan Baik

Acara ini menegaskan komitmen para pemangku kepentingan untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menyongsong perubahan besar yang akan terjadi dengan pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur, serta memastikan Sulawesi Selatan tetap menjadi bagian penting dalam dinamika pembangunan nasional.

#Pemkab Barru #suardi saleh #ikn