Sabtu, 30 Maret 2024 22:23

Bupati Barru Safari Ramadan di Mallusetasi, Sosialisasikan Rumah Tunggu Pasien

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Safari Ramadan di Mallusetasi, Sosialisasikan Rumah Tunggu Pasien

Sebelum menyampaikan pesan-pesan penting, Bupati Suardi terlebih dahulu menyerahkan bantuan operasional Amaliah Ramadan sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

RAKYATKU.COM, BARRU - Malam ke-20 Ramadan 1445 H menjadi momen berkesan bagi warga Mallusetasi, Barru, karena kedatangan Bupati Barru, Suardi Saleh, untuk melaksanakan Safari Ramadan, Sabtu (30/3/2024).

Dalam kegiatan yang dilakukan secara bergiliran di setiap kecamatan, Bupati Suardi memulai agenda safari di Masjid Besar At-Taqwa Palanro, kecamatan Mallusetasi.

Sebelum menyampaikan pesan-pesan penting, Bupati Suardi terlebih dahulu menyerahkan bantuan operasional Amaliah Ramadan sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga : 20 Panwascam Dilantik, Bupati Barru Harap Kerja Optimal Jaga Pilkada

Dalam sambutannya, dirinya menekankan bahwa pemerintah Kabupaten Barru berkomitmen untuk mempererat silaturahmi dengan jamaah masjid di seluruh wilayah, dengan memberikan bantuan operasional kepada semua masjid yang dikunjungi.

"Bantuan operasional yang diberikan bervariasi sesuai dengan kebutuhan masjid dan langsung disalurkan ke rekening masjid, demi memastikan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan dana," ungkap Bupati Suardi.

Tidak hanya memberikan bantuan secara finansial, tetapi pemerintah juga berupaya memastikan bahwa setiap transaksi keuangan, termasuk insentif dan bantuan, dilakukan secara non-tunai guna menghindari potensi penyalahgunaan dan memastikan dana langsung tersalurkan kepada penerima manfaat.

Baca Juga : Ponpes Al-Ikhlash DDI Takkalasi Lepas 326 Santri, Bupati Barru: Jadilah Orang Sukses dan Berakhlak Mulia

Menurut Bupati Suardi, tujuan utama dari Safari Ramadan adalah untuk mendengarkan aspirasi dan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, termasuk di antaranya persoalan yang dihadapi oleh Masjid At-Taqwa.

Dirinya juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan masjid, dengan menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Lebih lanjut, Bupati Suardi mengajak seluruh jamaah untuk memanfaatkan momentum Ramadan sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah dan silaturahmi.

Baca Juga : Barru Targetkan Penurunan Stunting 14 Persen

Menurutnya, bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan kegiatan sosial, seperti berbuka puasa bersama, saling membantu, dan bersedekah.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga menyoroti pentingnya sektor kesehatan bagi masyarakat, dengan menekankan upaya pemerintah dalam memperluas akses layanan kesehatan, termasuk fasilitas rumah tunggu pasien yang telah disiapkan di Makassar dan Barru.

Di samping itu, Bupati juga mengungkapkan kepeduliannya terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Barru, yang saat ini berada di angka 14,1%, yang merupakan yang terendah di Sulsel. Ia berharap angka tersebut dapat terus ditekan melalui partisipasi dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga : AGPAII Barru Siap Gelar MUSDA, Bupati Barru: Semoga Berjalan dengan Baik

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak seluruh jamaah untuk menyimak ceramah dan memaksimalkan ibadah di sisa-sisa terakhir bulan Ramadhan ini.

Kegiatan Safari Ramadan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk Sekda Barru, Inspektur Daerah, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait dan tokoh-tokoh agama dan perempuan setempat.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #Safari Ramadhan