Kamis, 28 Maret 2024 13:15

Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang RPJPD, Rabu (27/3/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang RPJPD, Rabu (27/3/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Pemkab Luwu Utara menetapkan visi pembangunan 2025—2045 sebagai Luwu Utara Tangguh, Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan, dengan delapan misi pembangunan RPJPD. Selain itu, di dalamnya ada 14 sasaran pokok yang jadi fokus.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemkab Luwu Utara menetapkan visi pembangunan tahun 2025—2045. Visi tersebut yaitu Luwu Utara Tangguh, Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan dari visi tersebut telah ditetapkan delapan misi pembangunan RPJPD.

Pertama, mewujudkan pembangunan manusia yang produktif dan berkualitas serta perlindungan sosial yang adaptif. Kedua, mewujudkan pusat pertumbuhan ekonomi wilayah, penerapan ekonomi hijau, transformasi digital, peningkatan iptek, inovasi, dan produktifitas ekonomi. Ketiga, mewujudkan regulasi dan tata yang berintegrasi dan adaptif.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Keempat, memantapkan keamanan tangguh, demokrasi substansial, stabilitas ekonomi makro daerah. Kelima, mewujudkan kelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana serta memelihara ketahanan sosial budaya dan ekologi. Keenam, mendorong pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan. Ketujuh, memenuhi kecukupan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan. Kedelapan, mendorong daya saing daerah untuk kesinambungan pembangunan.

"Tahapan Musrenbang RPJPD ini sudah kita mulai dari forum konsultasi publik beberapa waktu lalu, oleh karena itu hari ini minimal peserta musrenbang imbang dari internal dan eksternal tapi dengan catatan semua perwakilan harus ada," ucap Indah.

"Sebab, hasil dari musrenbang ini nanti akan kita dorong ke DPRD untuk kemudian ditetapkan jadi perda dan menjadi acuan bagi kita semua," imbuhnya saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang RPJPD, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Terkait layanan digital, Indah menegaskan baik pemberi dan penerima layanan harus bertransformasi, keduanya siap baru bisa berjalan.

"Teman camat untuk aktif mendata desa-desa yang rawan pangan. Ketahanan ekonomi sangat menentukan data-data yang akan kita tampilkan untuk melihat potensi dan peluang sumber daya ke depan," terang Indah.

"Kita semua punya tanggung jawab, tak perlu disenangi semua orang, yang penting kita menjalankan tanggung jawab. Maka jangan bermasa bodoh. Untuk itu saya berharap kita semua dapat memberi masukan, tidak sekadar hadir sebagai perwakilan," pintanya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Indah menyebut juga telah ditetapkan sasaran pokok yang menjadi fokus RPJPD 2025—2045 Luwu Utara. Pertama, meningkatnya derajat kesehatan masyarakat. Kedua, meningkatnya kualitas pendidikan untuk semua yang merata. Ketiga, terlindunginya kelayakan hidup masyarakat. Keempat, meningkatnya produktivitas ekonomi yang didukung kemajuan ilmu. Kelima, meningkatnya peranan ekonomi hijau dan ekonomi biru dalam pertumbuhan ekonomi yang berbasis digital.

Keenam, meningkatnya nilai dan kontribusi investasi serta nilai ekspor terhadap pembangunan secara optimal. Ketujuh, menurunnya kesenjangan pembangunan antara perkotaan dan perdesaan. Kedelapan, meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan yang responsif. Kesembilan, terpeliharanya ketenteraman dan ketertiban umum daerah.

Ke-10, meningkatnya kapasitas fiskal daerah. Ke-11, meningkatnya daya saing daerah. Ke-12, menguatnya ketahanan sosial budaya. Ke-13, terpeliharanya kualitas lingkungan hidup serta ketahanan energi, air, dan pangan. Ke-14, meningkatnya kapasitas adaptasi dan mitigasi terhadap bencana dan perubahan iklim.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani