Kamis, 21 Maret 2024 17:23

Kota Parepare Raih Penghargaan Inovative Tourism Destination di CNN Indonesia Award

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kota Parepare Raih Penghargaan Inovative Tourism Destination di CNN Indonesia Award

Kota Parepare Raih Penghargaan Inovative Tourism Destination di CNN Indonesia Award

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Parepare mendapatkan penghargaan Inovative Tourism Destination dalam ajang CNN Indonesia Award yang digelar di Hotel Claro , Makassar , Rabu(21/3/2024)

Penghargaan ini diserahkan oleh Direktur Transmedia Latif Harnoko dan diterima langsung oleh PJ Wali Kota Parepare Akbar Ali .

PJ Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengatakan Kota Parepare sangatlah lengkap dan komplit dalam hal tourism destination, dimana semua dimensi wisata ada di kota Parepare.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Diantaranya ada religius tourism, di sini terdapat 4 masjid besar seperti masjid terapung BJ Habibie , masjid agung KH Abdurrahman Ambon dalle, masjid Al Mujahidin dan taman syariah,"bebernya.

Selain religius tourism di kota Parepare kata Akbar juga ada spot tourism.

"Spot tourism di sini diantaranya stadion gelora BJ Habibie, lapangan Andi Makkasau, dan taman mattirotasi, ini adalah 3 ikon spot tourism yang ada di kota Parepare ,"jelasnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Yang tidak kalah kata Akbar telah hadir medical tourism yaitu RS Hasri Ainun Habibie yang berada di pinggir pantai yang sangat indah.

"Kemudian ada wisata belanja yaitu balai Ainun dan pasar senggol yang terkenal dengan pasar cakar (pakaian bekas) kemudian ada wisata alam disini ada kebun raya jompie pantai lumoue dan tonrangeng ada gunung akkaroang matoa dan juga ada dan juga ada goa dan air terjun di tonrongnge , di sini juga ada wisata buatan diantaranya monumen cinta Habibie Ainun di sini juga ada anjungan cempae , ada juga tonrangeng river side dan ada juga water boom ujung lare , "terangnya.

"Di kota Parepare juga ada wisata pendidikan yaitu museum BJ Habibie yang memperkenalkan bagaiman Habibi masa kecil di wilayah Parepare kemudian ada wisata sejarah monumen korban 40 ribu jiwa yang sangat terkenal kemudian ada wisata budaya , diantaranya desa wisata Wattang Bacukiki ada batu makkikie dan kubur datu diantaranya itu ada juga wisata kuliner di kawasan kuliner pare beach , kawasan kuliner Hastom, di sini juga ada mantao , makanan khas terkenal dari Parepare, ada palekko dan ratusan warkop di Kota Parepare,"lanjutnya.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Saat ini kata Akbar , Kota Parepare terus berbenah untuk menjadi lebih baik dengan menarik minta investor berinvestasi .

"Kota Parepare juga terkenal dengan eventnya yang telah menjadi event nasional diantaranya adalah festival salo karajae, Insya Allah kedepan akan terus kita kembangkan dan menyusul juga event lainnya yang bertaraf Nasional , hal ini akan saling saling mendukung dengan program pengembangan kota Parepare menuju kota investasi,"tutupnya.

CNN Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan pertama yang digelar CNN Indonesia.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

Untuk ajang penghargaan perdana ini, CNN Indonesia memilihkan topik "Dari Sulsel untuk Nusantara".

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare