Kamis, 21 Maret 2024 16:48

Selama Libur Lebaran BPJS Kesehatan dan Dinkes Makassar Siapkan Posko

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kacab BPJS Kwsehatan Makassar dan Sekdis Kesehatan Makassar akan siapkan Posko layanan kesehatan selama cuti libur lebaran
Kacab BPJS Kwsehatan Makassar dan Sekdis Kesehatan Makassar akan siapkan Posko layanan kesehatan selama cuti libur lebaran

BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan kota Makassar akan siapkan Posko Posko layanan kesehatan untuk Masyarakat , ada juga layanan home care 112 yang bisa dimanfaatkan masyarakat di kota Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan kota Makassar siapkan layanan dan Posko kesehatam di hari cuti libur lebaran.

Layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini sebagai bukti komitmen BPJS Kesehatan untuk terus memberi kemudahan dan melayani masyarakat walaupun masih dalam suasana cuti libur lebaran yang diperkirakan mulai tanggal 8-15 April 2024.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Makassar, Muhammad Aras mengatakan peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, tetap dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Lakukan MoU dengan Fakultas Kedokteran Unibos

"Jadi walaupun masyarakat sedang cuti libur lebaran dan berada diluar kota jika membutuhkan layanan kesehatan tetap dapat mengakses layanan di FKTP lain, BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.," ungkap Muhammad Aras saat menggelar Presconfrence di ruang rapat BPJS Kesehatan jalan AP, kamis (21/3).

Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup administrasi, pemberian informasi, dan penanganan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN.

Selain itu, sambung Aras, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis salahsatunya Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Baca Juga : Personel TGC Dinkes Makassar Sasar Lokasi Terdampak Banjir, Pastikan Kesehatan Warga

Untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal sebagai peserta mandiri, diimbau untuk rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif. BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

"Peserta JKN saat ini dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi.

"Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat,"

Baca Juga : Danny Pomanto Tegaskan Tak Ada Kasus Cacar Monyet di Makassar

Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," ujarnya

Sekretaris Dinas Kesehatan kota Makassar dr. Ahmad Asyarie menambahkan selama cuti libur ada posko di Puskesmas yang ada di kota Makassar akan tetap buka mulai dari pukul 08.00-11.00 wita.

Baca Juga : Kalla Toyota dan Dinas Kesehatan Kota Makassar Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi COVID-19

Selain itu ada layanan emergency home care 112,home care sudah terkonek dengan rumah sakit di kota Makassar

"Jadi kalau informasi atau layanan yang diperlukan masyarakat bisa menghubungi layanan home care 112," tutupnya

#Dinas Kesehatan Makassar #BPJS Kesehatan Makassar