Sabtu, 09 Maret 2024 16:16

Pemkab Luwu Utara Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 2024

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat memimpin Rapat Persiapan Safari Ramadan yang dihadiri forkopimda bersama stakeholder terkait, Jumat (8/3/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat memimpin Rapat Persiapan Safari Ramadan yang dihadiri forkopimda bersama stakeholder terkait, Jumat (8/3/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Pemkab Luwu Utara menetapkan besaran zakat fitrah, harta, dan infak umrah serta haji untuk tahun 2024, dengan zakat fitrah Rp40 ribu atau Rp42 ribu di kecamatan dataran dan Rp25 ribu di kecamatan Seko, Rongkong, dan Rampi. Safari Ramadan akan dilaksanakan di tiap kecamatan, dengan pembagian tim untuk kunjungan ke tiga kecamatan setiap harinya.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menetapkan besaran zakat fitrah, zakat harta, serta infak umrah dan haji untuk tahun 2024.

Untuk zakat fitrah ada dua opsi, yaitu Rp40 ribu dan Rp42 ribu per orang di kecamatan dataran. Sementara, di Kecamatan Seko, Rongkong, dan Rampi sebesar Rp25 ribu per orang.

Adapun zakat rumah tangga disepakati disamakan dengan tahun sebelumnya, yaitu Rp50 ribu per kepala keluarga. Untuk infak umrah dan haji ditetapkan R100 ribu dan Rp500 ribu per sekali pergi.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Penentuan besaran zakat dan infak tersebut disepakati pada Rapat Persiapan Safari Ramadan yang dipimpin Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan dihadiri forkopimda bersama stakeholder terkait, Jumat (8/3/2024).

"Perbedaan besaran zakat di kecamatan terpencil karena adanya perbedaan harga beras yang hanya Rp10 ribu sampai Rp12 ribu per kilogram," kata Indah.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah daerah tentu juga akan melaksanakan Safari Ramadan di tiap kecamatan mulai Kamis (14/3/2024)," sambungnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Dia juga menjelaskan nantinya tim Safari Ramadan akan dibagi menjadi tiga tim sehingga dalam satu hari akan ada tiga kecamatan yang dikunjungi.

"Tapi perlu digarisbawahi bahwa instansi seperti Kemenag, DMI, RSUD Andi Djemma, Bagian Protokol, Satpol PP, Diskominfo, BKPRMI, Dinas Perhubungan, dan Persamilra, diharapkan juga ada masuk ke tim 2 dan tim 3. Silakan masing-masing membagi dan menentukan pejabat administratornya untuk melebur di ketiga tim yang telah dibentuk," tuturnya.

Diketahui, pada hari pertama Safari Ramadan tim 1 dipimpin Bupati Luwu Utara akan berkunjung ke Kecamatan Sabbang Selatan, tim 2 dipimpin Wakil Bupati Luwu Utara ke Kecamatan Tanalili, sementara tim 3 dipimpin Sekda Luwu Utara berkunjung ke Kecamatan Malangke.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani