Sabtu, 09 Maret 2024 17:11

Lantik UMKM Squad, Sofha Marwah Bahtiar Minta Perbanyak Promosi di Sosial Media

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lantik UMKM Squad, Sofha Marwah Bahtiar Minta Perbanyak Promosi di Sosial Media

Sofha Marwah mengungkapkan, UMKM saat ini memiliki tantangan yaitu penggunaan tehnologi digital. Banyak usaha UMKM yang tidak mampu bersaing dengan pelaku usaha lain baik dari dalam maupun luar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, melantik dan mengukuhkan Ketua Umum dan Pengurus UMKM Squad Sulawesi Selatan (U3S) Binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, di Gedung Kartini, Makassar, kemarin, Jumat sore, 8 Maret 2024. Dalam arahannya, ia meminta agar UMKM memperbanyak promosi di sosial media.

Sofha Marwah mengungkapkan, UMKM saat ini memiliki tantangan yaitu penggunaan tehnologi digital. Banyak usaha UMKM yang tidak mampu bersaing dengan pelaku usaha lain baik dari dalam maupun luar.

“Perbanyak promosi di sosial media. Saat ini, pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistim digital baru mencapai 13,7 juta pelaku atau sekitar 21 persen dari total pelaku secara nasional,” ungkap Sofha Marwah.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Khusus Sulsel, lanjutnya, dari total 1,2 juta pelaku UMKM, yang memanfaatkan teknologi digital masih tergolong rendah yaitu sebanyak 10 persen atau kurang lebih 120.000 pelaku UMKM.

“Untuk itu dengan dilantiknya UMKM SQUAQ sebagai binaan PKK diharapkan dapat menjadi contoh bagi UMKM lain untuk mampu mengatasi tantangan teknologi digital,” ujarnya.

Menurut Sofha Marwah, pembinaan dan pengembangan UMKM merupakan poin penting dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Selama kurun waktu 2022-2024, PKK Provinsi Sulsel telah membina kurang lebih 700 UMKM se Sulsel.

Baca Juga : Musda PHRI Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Peluang Perhotelan Lebih Maju

“Untuk penajaman program dan optimalisasi peran dalam meningkatkan kesejahteraan di Sulsel khususnya bidang ekonomi, kami mengharapkan UMKM SQUAD terus berkoordinasi dengan PKK Provinsi Sulsel, khususnya dalam hal potensi pengembangan UMKM,” terangnya.

Kepada Pokja II Tim Penggerak PKK Sulsel, ia berharap agar sinergitas dan penguatan SDM pelaku UMKM terus digalakkan. Dan kepada UMKM Squad melalui Koperasi PKK Sulsel, membuka peluang untuk menjadi anggota Koperasi agar dapat mendapatkan berbagai kemudahan dalam pembiayaan maupun pengembangan.

Sementara, Ketua Umum UMKM Squad Sulsel, Marlia Kamaruddin, merasa terharu dengan kepedulian dan perhatian TP PKK Sulsel terhadap keberadaan UMKM di Sulsel. Ia berharap, seluruh UMKM yang tergabung di UMKM Squad Sulsel bisa semakin maju dan berkembang lebih baik lagi.

Baca Juga : Atasi Pemanasan Global, Pj Gubernur Sulsel Ajak BEM Unismuh se-Indonesia Tanam Pohon Serentak

“Terima kasih banyak atas perhatiannya, semoga UMKM yang tergabung di organisasi ini bisa lebih berkembang lagi ke depannya,” harap Marlia. (*)

#Pemprov Sulsel #umkm #Sofha Marwah #pj ketua pkk sulsel