Sabtu, 02 Maret 2024 15:55

Napak Tilas Garongkong—Paccekke, Kenang Perjalanan Pejuang Menuju Kemerdekaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, saat melepas peserta Telusur Jelajah Sejarah Napak Tilas Garongkong—Paccekke, Sabtu (2/3/2024).
Bupati Barru, Suardi Saleh, saat melepas peserta Telusur Jelajah Sejarah Napak Tilas Garongkong—Paccekke, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan Telusur Jelajah Sejarah Napak Tilas Garongkong—Paccekke di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, diprakarsai oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, bertujuan mengenang perjalanan pahlawan dalam membentuk Tentara Republik Indonesia (TRI) Divisi Hasanuddin.

RAKYATKU.COM, BARRU — Sejarah perjuangan pahlawan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, kembali dihidupkan lewat kegiatan Telusur Jelajah Sejarah Napak Tilas Garongkong—Paccekke.

Diprakarsai Bupati Barru, Suardi Saleh, acara ini bertujuan mengenang dan menghormati perjalanan pahlawan dalam membentuk Tentara Republik Indonesia (TRI) Divisi Hasanuddin.

Rute perjuangan akan disusuri dalam dua hari, Sabtu (2/3/2024) dan Ahad (3/3/2024), mengikuti jejak Andi Mattalatta, salah satu pemimpin yang membawa mandat dari Jenderal Besar Soedirman.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk TNI-Polri, perangkat daerah Pemkab Barru, desa, kelurahan, OKP, ormas, serta siswa SMA, SMK, MA se-Barru, turut serta dalam kegiatan yang sarat makna sejarah ini.

Menurut Suardi, kegiatan ini bukan sekadar mengenang masa lalu, tetapi juga upaya merawat semangat perjuangan para pahlawan yang tidak kenal menyerah.

"Kita harus dapat mewarisi semangat juang, patriotik, dan nasionalisme di era sekarang ini untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi daerah dan bangsa kita," ujarnya.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Sejarah pendaratan Andi Mattalatta dari Jawa ke Sulawesi menjadi fokus pembangunan Monumen Garongkong di Barru. Monumen itu menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat setempat atas peran mereka dalam sejarah perjuangan kemerdekaan.

Suardi juga menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam menghidupkan kembali Napak Tilas Paccekke, setelah terakhir kali dilaksanakan pada 2008 silam.

Turut hadir dalam pelepasan peserta Napak Tilas Garongkong—Paccekke, berbagai tokoh penting dari TNI-Polri, pemerintah daerah, serta berbagai organisasi masyarakat dan komunitas pemuda.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh