Rabu, 28 Februari 2024 08:12

Bupati Indah Resmi Buka MTQ ke-XIII tingkat Kabupaten Luwu Utara

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Indah  Resmi Buka MTQ ke-XIII tingkat Kabupaten Luwu Utara

Indah menyebutkan salah satu program pengembangan di bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai agama di masyarakat, termasuk melalui MTQ.

RAKYATKU.COM -- Musabah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten XIII dibuka resmi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (27/2/2024) di Desa Cendana Putih I, Kecamatan Mappedeceng.

Indah menyebutkan salah satu program pengembangan di bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai agama di masyarakat, termasuk melalui MTQ.

“Kegiatan ini merupakan perluasan ajaran Islam dan upaya memuliakan pena Ilahi, meneguhkan kesuciannya, mempertebal keimanan dan memperluas fungsi pendidikan kitab suci Al-Qur'an bagi umat Islam,” kata Indah yang hadir bersama Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi dan Forkopimda.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Indah menilai dengan mengusung tema “Mewujudkan Masyarakat Qurani Menuju Luwu Utara yang Religius, Moderat, Progresif, Mandiri, dan Harmonis,” maka sangat tepat dengan kondisi saat ini di tempat pelaksanaan yang merupakan kampung percontohan keagamaan. moderasi.

“Dalam konteks fundamentalisme agama, untuk menghindari disharmoni perlu ditanamkan cara beragama yang moderat atau agama yang inklusif/terbuka yang disebut moderasi beragama,” jelas Indah.

“Al-Qur'an juga harus menjadi inspirasi untuk membangun nilai-nilai toleransi dan kerukunan serta solusi berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,” ujarnya.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Indah juga berharap generasi muda yang terlibat dalam kegiatan tersebut memiliki pemahaman yang benar tentang kandungan Al-Qur'an.

“Generasi muda umat Islam hendaknya ditanamkan pemahaman bagaimana Islam memandang keberagaman dalam masyarakat. Menekankan terciptanya manusia-manusia yang berbeda suku dan bangsa untuk saling mengenal dan menghormati,” pinta Alumni Ponpes Datok Sulaiman Palopo.

Dalam kesempatan itu, Indah juga mengapresiasi seluruh panitia pelaksana, Kecamatan Mappedeceng, dan seluruh jajaran sebagai tuan rumah atas pelaksanaan kegiatan MTQ.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

“Saya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada unsur TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan seluruh masyarakat tanpa terkecuali yang terlibat dalam kegiatan ini. Saya optimis MTQ dapat mempererat silaturahmi dan kebersamaan kita sehingga kita semakin kuat dalam bersinergi membangun keberagaman, perekonomian, dan kesejahteraan menuju Kemajuan, Kemandirian, dan Harmoni Luwu Utara,” pungkas Indah.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Andi Zulkarnain melaporkan, ada 18 cabang lomba yang akan diikuti kafilah dari 15 kecamatan di Kabupaten Luwu Utara.

Karavan Seko 8, Masamba 24, Baebunta 20, Mappedeceng 46, Tulang-tulang 34, Rongkong 9, Baebunta Selatan 16, Sukamaju 42, Malangke 41, Sukamaju Selatan 24, Sabbang 19, Malbar 25, Rampi 10, Sabsel 18, dan Tanalili 23 kafilah,” kata Andi Zul.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Diketahui, pembukaan MTQ berlangsung secara seremonial dan juga dimeriahkan dengan tarian konfigurasi.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani