Sabtu, 24 Februari 2024 13:08

Buka Pekan Kebudayaan Daerah, Akbar Ali Harap Budaya Parepare Bisa Jadi Daya Tarik Investor

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Buka Pekan Kebudayaan Daerah, Akbar Ali Harap Budaya Parepare Bisa Jadi Daya Tarik Investor

Penjabat Wali Kota Parepare , Akbar Ali membuka acara pekan kebudayaan daerah yang dipusatkan di Lapangan Andi Makkasau , Kota Parepare , Sabtu (24/02/2024).

RAKYATKU COM, PAREPARE - Penjabat Wali Kota Parepare , Akbar Ali membuka acara pekan kebudayaan daerah yang dipusatkan di Lapangan Andi Makkasau , Kota Parepare , Sabtu (24/02/2024).

Kegiatan tersebut sebagai rangkaian perayaan HUT Kota Parepare ke-64 tahun diawali dengan pawai budaya yang diikuti oleh 86 peserta dari tingkat SD , 17 dan 9 SMA / SMK di Parepare.

Akbar Ali dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan pekan budaya yang mengambil tema lestarikan budaya daerah menuju kota tujuan investasi.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Kita apresiasi upaya pelestarian budaya masyarakat dan menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri khususnya terhadap generasi muda,"pujinya.

Selain itu, kata Akbar dengan adanya Pekan Budaya seperti ini, maka dapat menarik wisatawan datang di Kota Parepare.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menggali seni dan budaya yang kita miliki. Kota Parepare adalah miniatur budaya di Indonesia, karena ada banyak ragam budaya yang hadir di Kota Parepare. Banyaknya pendatang yang ada di Kota Parepare menjadikan Kota Parepare menjadi kota yang sarat akan budaya daerah,"jelasnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Melalui kegiatan Pekan Budaya ini, lanjut Akbar diharapkan tak hanya sekedar memberikan hiburan kepada masyarakat, tetapi juga mampu menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri yang sebenarnya juga memiliki makna serta implementasi lebih mendalam, terutama apabila dikaitkan dengan rasa nasionalisme.

"Saya berharap melalui perhelatan Pekan Budaya ini dapat membangkitkan tradisi senibudaya sekaligus menjadi pemikat dan daya tarik bagi dunia pariwisata di Kota Parepare. Banyak pesan dan makna yang terkandung dalam pelaksanaan Pekan Budaya ini dan kegiatan semacam ini harus terus kita pertahankan,"harapnya.

Akbar juga berharap pelaksanaan pekan budaya ini bisa menjadi salah satu kalender kepariwisataan di kota Parepare.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

"Selain itu, kegiatan semacam ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Parepare menciptakan spot destinasi wisata yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat lokal,"katanya.

Pemerintah Kota Parepare sekarang ini kata Akbar harus terus berbenah untuk menjadi kota tujuan sehinggadiharapkan akan semakin banyak orang yang akan berkunjung di Kota Parepare.

Olehnya itu, salah satu hal yang perlu kita kembangkan adalah melalui wisata budaya dan saya anggap pelaksanaan Pekan Budaya ini merupakan salah satu bagian memperkenalkan seni budaya daerah dan dapat menjadi daya tarik orang berkunjung di Kota Parepare.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

"Semakin banyak yang berkunjung di Kota Parepare, maka akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kota Parepare sekarang ini terus berbenah menjadi kota tujuan investasi,"tutupnya.

Dalam pekan budaya ini , selain pawai budaya juga digelar berbagai lomba seperti lomba mallongga, lomba magasing, tari ganrang bulo dan tari jeppeng.

#Pemkot Parepare