Kamis, 22 Februari 2024 21:24

Pj Gubernur Sulsel: Presiden Jokowi Janji Bakal Bangun Stadion di Sudiang Tahun Ini

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel: Presiden Jokowi Janji Bakal Bangun Stadion di Sudiang Tahun Ini

"Insya Allah aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan untuk memiliki sebuah stadion yang representatif Insya Allah tahun ini akan dibangun oleh Kementerian PUPR,” bebernya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kabar baik itu diungkapkan langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, usai mendampingi Jokowi dalam kunjungannya di Sulsel.

"Selama ini ada aspirasi dari masyarakat Sulawesi Selatan ingin memiliki stadion. Kami tadi sudah melaporkan ke Bapak Presiden, sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu, bersama Forkopimda, Pak Kapolda dan Pangdam. Dan tadi Bapak Presiden menjanjikan langsung, tahun ini dibangun stadion, Insya Allah tahun ini dibangun di Sulawesi Selatan oleh Menteri PUPR," ujarnya.

Presiden, lanjut dia, memberikan arahan untuk menyampaikan kabar baik itu kepada masyarakat Sulsel. "Insya Allah aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan untuk memiliki sebuah stadion yang representatif Insya Allah tahun ini akan dibangun oleh Kementerian PUPR,” bebernya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Mendukung hal itu, Pemprov Sulsel sudah menyiapkan lokasi di Sport Center Sudiang seluas 20 hektar. "Anggaran (pembangunan) kami serahkan semuanya ke PUPR. Jadi Pemda menyiapkan lahan yang clear. Karena kita di kawasan Sudiang ada 75 hektar. Itu memang sudah sejak awal diperuntukan untuk kegiatan olahraga," jelasnya.

"Saya sekali lagi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan, karena hal yang sangat lama didambakan masyarakat kita, Insya Allah tahun ini akan diwujudkan oleh Bapak Presiden kita, Bapak Ir H Joko Widodo dan saya sekali lagi sebagai Gubernur sangat berterima kasih,” bebernya.

Menurutnya, hal ini membuktikan Presiden Jokowi mendengarkan sungguh-sungguh aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan. "Tugas saya menyiapkan lahannya clear. Dan lahan yang sangat clear milik Pemprov itu adanya di Sudiang dan memang sport center dan luasnya 75 hektar di situ. Lahan kami siapkan 20 hektar. Kawasan itu benar-benar bisa menjadi kawasan stadion yang layak dan bisa digunakan skala internasional," jelasnya.

Baca Juga : Musda PHRI Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Peluang Perhotelan Lebih Maju

Ia pun mengaku, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan diundang oleh Pemerintah Pusat bersama dengan Wali Kota Makassar dengan Forkopimda Sulsel, Bupati Gowa, Bupati Maros, Bupati Pangkep dan Bupati Takalar.

"Karena area ini menjadi kawasan satu integrasi, jadi kita harus memang merencanakan pembangunan kawasan Makassar dan sekitarnya terintegrasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah melobi pemerintah pusat untuk membangun stadion di Sudiang. Bahkan, Pemprov berupaya agar program ini masuk dalam program nasional.

Baca Juga : Atasi Pemanasan Global, Pj Gubernur Sulsel Ajak BEM Unismuh se-Indonesia Tanam Pohon Serentak

"Pak Gubernur, Pak Bahtiar sudah meminta kami untuk bersurat, memohon ke pusat untuk APBN agar bisa dibangun stadion di Sudiang. Kemudian kami bersurat ke Kemenpora, Kemendagri, dan PSSI. Kita libatkan PSSI karena mereka paham soal stadion," kata Suherman, saat diwawancarai November 2023 lalu.

Saat kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Sulsel, Kamis, 22 Februari 2023, Pj Gubernur Bahtiar kembali menyampaikan aspirasi masyarakat Sulsel kepada Presiden yang sangat membutuhkan stadion, dan langsung diterima oleh Presiden Jokowi. (*)

#Pemprov Sulsel #Presiden Jokowi #pembangunan stadion #Bahtiar Baharuddin