Kamis, 22 Februari 2024 13:02

Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik, Kemenkumham Sulteng Raih Penghargaan Peringkat II Nasional

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik, Kemenkumham Sulteng Raih Penghargaan Peringkat II Nasional

Berhasil meraih nilai capaian 99,29, Kemenkumham Sulteng sukses menempati posisi kedua, setelah Maluku Utara dengan skor 99,38 pada kategori satuan kerja pagu kecil.

JAKARTA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) berhasil meraih penghargaan peringkat II nasional atas kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2023, Rabu, (21/2/2024).

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Wisnu Nugroho Dewanto kepada Kepala Bagian Umum (Kabagum) Kemenkumham Sulteng, Muhammad Wahab Marawali dalam acara Monitoring Evaluasi dan Penyerahan Piagam Penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) TA.2023 di Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square, Jl. Gn. Sahari No.1, RT.11/RW.6, Ancol, Jakarta Utara.

Berhasil meraih nilai capaian 99,29, Kemenkumham Sulteng sukses menempati posisi kedua, setelah Maluku Utara dengan skor 99,38 pada kategori satuan kerja pagu kecil.

Baca Juga : DPD RI Apresiasi Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam Inventarisasi Materi Prolegnas 2025-2029 dan Prolegnas Prioritas 2025

Wahab menyebut, bahwa Kemenkumham Sulteng terus berupaya meningkatkan kinerja dan kualitas pelaksanaan anggaran secara akuntabel. Ia juga mengatakan hal tersebut merupakan salah satu komitmen dalam upaya memajukan bangsa.

Dibawah kepemimpinan Hermansyah Siregar, Kemenkumham Sulteng pun terus bertransformasi menjadi lebih baik, hal itu juga, Wahab yakini merupakan faktor penting dari suksesnya pelaksanaan anggaran yang berkualitas dan bebas dari penyimpangan.

“Ini menunjukkan tata kelola pelaksanaan anggaran kita semakin baik, kita juga terus berupaya agar capaian ini terus meningkat, memastikan anggaran yang kita kelola tepat sasaran, tepat manfaat dan tentunya bernilai akuntabel yang baik, ini semua juga bagian dari komitmen kita untuk mendukung kemajuan bangsa ini,” kata Wahab yang saat itu didampingi Dyah Ayu Puspitasari, Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara.

Baca Juga : Tingkatkan Pengawasan Orang Asing,Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Operasi Intelijen Keimigrasian

Sementara itu, ditempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hermansyah Siregar pun mengaku bersyukur atas torehan tersebut, ia menyebut bahwa penghargaan itu adalah prestasi dari seluruh jajarannya khususnya para pengelola keuangan.

Ia berpesan, agar capaian tersebut tidak membuat jajaranya berpuas diri, dedikasi dan komitmen menghadirkan kinerja berdampak mesti terus digaungkan.

“Fokus kita, bagaimana kinerja kita terus berdampak baik, kita upayakan agar torehan ini menjadi pemacu semangat bagi kita semua untuk lebih hebat lagi, ini semua adalah prestasi buat seluruh jajaran,” pesan Hermansyah.

Baca Juga : Kunker di Kab. Banggai, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Tinjau Layanan Pemeriksaan Imigrasi

Tidak hanya itu, dirinya juga meminta agar seluruh pengelola keuangannya untuk terus melakukan Langkah strategis, dengan senantiasa menjalin koordinasi bersama mitra kerja terkait guna meningkatkan aspek-aspek kinerja anggaran.

“Disamping mesti memiliki integritas dan kompetensi dari para pengelola keuangan kita, sinergitas bersama mitra terkait juga menjadi hal yang harus terus kita lakukan, benahi segala kurang, tingkatkan segala kelebihan,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Biro Keuangan menyampaikan bahwa tahun 2024, Kemenkumham RI telah menetapkan target IKPA dan SMART Kementerian bernilai 96, seluruh jajaran Kemenkumham juga diminta untuk memastikan setiap pertanggungjawaban keuangan dilaksanakan secara akuntabel dan transparan.

Baca Juga : Pelayanan Tanpa Batas Kantor Imigrasi Palu Tetap Dilaksanakan Selama Bulan Ramadan

 

#Kemenkumham sulteng