Rabu, 21 Februari 2024 14:04

Pj Gubernur Sulsel Serius Tingkatkan Produksi Ternak, Inseminasi Buatan Juga Dilakukan di Sidrap dan Barru

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Pj Gubernur Sulsel Serius Tingkatkan Produksi Ternak, Inseminasi Buatan Juga Dilakukan di Sidrap dan Barru

Petugas Inseminator Kabupaten Barru, Hariyanto, menjelaskan, pproses inseminasi buatan ini untuk percepatan kelahiran anak sapi, mendapatkan keturunan yang unggul di faktor genetika.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menunjukkan keseriusannya meningkatkan produksi ternak di Sulsel melalui Inseminasi Buatan (IB). Setelah dilakukan di beberapa daerah di Sulsel, IB gratis untuk para peternak juga menyasar Kabupaten Sidrap dan Barru.

Di Kabupaten Sidrap, IB dilakukan di Kelurahan Baru Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Selasa, 20 Februari 2024. Juga dibagikan disenfiktan dan vitamin kepada para peternak.

Petugas Kesehatan Hewan Kabupaten Sidrap, Haris Alamin, menjelaskan, melalui inseminasi buatan dan pelayanan kesehatan, pendapatan peternak diyakini meningkat. Sapi yang dipelihara selama 6 bulan, sudah bisa dijual dengan harga Rp10 juta. Apalagi, jika didukung dengan program Inseminasi Buatan yang sekarang ini dimassifkan oleh Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Program ini dapat membantu para peternak dalam meningkatkan ekonomi dan mempercepat perkembangbiakan ternak sapi," ujarnya.

"Inseminasi buatan ini berkat support dari Pemerintah Provinsi Sulsel, yang memiliki perhatian lebih terhadap peternak, khususnya di Kabupaten Sidrap," sambungnya.

Sementara di Kabupaten Barru, IB menyasar peternak di Desa Lampoko, Kecamatan Bulusu. Inseminasi buatan dilakukan terhadap sapi Bali sebanyak 33 ekor untuk tahap pertama, kemudian tahap kedua kurang lebih 30 ekor juga.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

Petugas Inseminator Kabupaten Barru, Hariyanto, menjelaskan, proses inseminasi buatan ini untuk percepatan kelahiran anak sapi, mendapatkan keturunan yang unggul di faktor genetika.

"Untuk yang kita IB sekarang ini dalam keadaan birahi, yang ada di dalam kotak ini ada 13, kemudian di sebelahnya ada sekitar 20 ekor. Sebentar kita IB kembali lagi," jelasnya, seraya menunjukkan sapi-sapi yang menjalani IB. (*)

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin #produksi ternak