Selasa, 20 Februari 2024 08:15

Pemkab Barru dan USAID IUWASH Tangguh Kolaborasi Dorong Pengelolaan Limbah Domestik Aman

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Barru berkolaborasi USAID IUWASH Tangguh menggelar Workshop Sanitasi dan Governance Index di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barru, Senin (19/2/2024).
Pemkab Barru berkolaborasi USAID IUWASH Tangguh menggelar Workshop Sanitasi dan Governance Index di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barru, Senin (19/2/2024).

Pemkab Barru dan USAID IUWASH Tangguh berkolaborasi dalam Workshop Sanitasi dan Governance Index untuk membahas dan menganalisis kinerja pengelolaan air limbah domestik, dengan fokus pada pengelolaan sanitasi yang aman dan promosi kesehatan lingkungan demi melindungi sumber air dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemkab Barru berkolaborasi USAID IUWASH Tangguh menggelar Workshop Sanitasi dan Governance Index di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barru, Senin (19/2/2024).

Workshop dibuka Sekda Barru, Abustan, dan dihadiri berbagai pihak terkait, seperti Kepala Bappelitbangda, Kepala Bidang Perekonomian, serta perwakilan dari berbagai dinas terkait lainnya.

Salah satu tujuan utama workshop ini untuk membahas dan menganalisis tren kinerja pengelolaan dan pelayanan air limbah domestik di Barru, dengan memanfaatkan data baseline tahun 2022 dan perkembangan pada tahun 2023.

Baca Juga : Kerukunan Keluarga Santri Asal Barru Halalbihalal di Kantor Pemkab Barru

Abustan menekankan pentingnya pengelolaan sanitasi yang aman dan promosi kesehatan lingkungan di Barru sebagai upaya melindungi lingkungan dan memastikan kualitas hidup yang sehat bagi masyarakat.

"Pengolahan sanitasi yang aman adalah hal yang krusial dalam membuang limbah domestik. Tanpa pengelolaan yang efektif dan aman, limbah ini dapat mencemari sumber air dan mengancam kehidupan makhluk hidup di dalamnya, termasuk manusia," jelas Abustan.

Dia juga menegaskan bahwa sanitasi aman dan kesehatan lingkungan merupakan pondasi utama bagi pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Bupati Suardi Saleh Lepas Jamaah Umrah Gratis Program Pemkab Barru

Oleh karena itu, kerja sama antara Pemkab Barru, USAID IUWASH Tangguh, dan masyarakat sangatlah penting dalam mencapai perubahan positif dalam sanitasi dan pengelolaan limbah domestik.

"Dengan kerja keras dan komitmen kita bersama, kita dapat mencapai perubahan yang positif dalam sanitasi dan pengelolaan limbah domestik. Mari kita bekerja sama dalam upaya menjaga pengelolaan yang aman dalam pengolahan sanitasi," ucap Abustan.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru