Minggu, 18 Februari 2024 09:38

Lomba Fashion Show Baju Bodo "To Riolo" Meriahkan Perayaan Hari Jadi Barru ke-64

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lomba Fashion Show Baju Bodo "To Riolo" Meriahkan Perayaan Hari Jadi Barru ke-64

"Dengan lomba fashion show baju adat ini, kita ingin mengajak masyarakat untuk kembali mencintai dan melestarikan warisan budaya yang ada di Barru, terutama baju adat 'To Riolo' yang semakin terpinggirkan oleh arus modernisasi," ungkap Ulfah Nurul Huda.

RAKYATKU.COM, BARRU - Baruga Singkerru Adae, Rujab Bupati Barru, menjadi saksi gemerlapnya Lomba Fashion Show baju Bodo "To Riolo" yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Barru ke-64 tahun 2024. Acara yang berlangsung pada Sabtu, (17/2/2024) ini menyajikan nuansa keindahan dan kekayaan budaya daerah.

Dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, Ulfah Nurul Huda, lomba yang bertemakan "Harmoni Berkarya Tingkatkan Daya Saing Menuju Barru yang Mandiri" ini bertujuan untuk menghidupkan kembali apresiasi terhadap seni dan budaya lokal.

"Dengan lomba fashion show baju adat ini, kita ingin mengajak masyarakat untuk kembali mencintai dan melestarikan warisan budaya yang ada di Barru, terutama baju adat 'To Riolo' yang semakin terpinggirkan oleh arus modernisasi," ungkap Ulfah Nurul Huda saat memberikan sambutan.

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

Tidak hanya sebagai ajang kompetisi, lomba ini juga menjadi momentum penting untuk mempererat tali silaturahmi antar PKK Kabupaten, kecamatan, desa, dan kelurahan di Barru. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah daerah dalam membangun kesatuan dan solidaritas masyarakat.

"Selain sebagai wadah menyalurkan bakat dan kreativitas, lomba ini juga menjadi momen yang tepat untuk menjalin hubungan yang lebih erat antar pengurus PKK di seluruh wilayah Barru," tambah Ulfah Nurul Huda yang juga Direktur RSUD Lapatarai Barru.

Dewan juri yang terdiri dari para penggiat seni dan budaya serta tokoh masyarakat lokal memberikan penilaian secara profesional dan objektif terhadap penampilan para peserta. Kriteria penilaian meliputi kesesuaian busana, tata rias, ekspresi, kreativitas, dan keseluruhan penampilan peserta.

Baca Juga : Bupati Barru Minta Percepatan Realisasi Proyek APBD 2024 dan Telusuri Bantuan Beras yang Hilang

Dengan antusiasme yang tinggi, lebih dari 60 peserta lomba memamerkan penampilan terbaik mereka di atas panggung, menampilkan keindahan dan keunikan baju adat Bugis "To Riolo" dengan penuh kebanggaan.

#Pemkab Barru #Hari Jadi Barru ke-64 #Lomba Fashion Show Baju BodoLomba Fashion Show Baju Bodo