Selasa, 13 Februari 2024 19:47

Jelang Pemungutan Suara, Pj Gubernur Sulsel Terus Pantau Kesiapan Pemilu di Bawaslu dan KPU

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang Pemungutan Suara, Pj Gubernur Sulsel Terus Pantau Kesiapan Pemilu di Bawaslu dan KPU

Bahtiar Baharuddin menyatakan, kehadirannya memberikan semangat atas kesiapan pelaksanaan yang ada.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jelang belasan jam sebelum pemungutan suara dimulai, Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin terus memantau kesiapan pelaksanaan Pemilu. Termasuk di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Selasa, (13/2/2024).

Dalam menghadapi momen penting ini, langkah-langkah persiapan yang matang sangatlah penting untuk memastikan kelancaran dan keabsahan proses pemilihan. Pj Gubernur mendengarkan laporan kesiapan dari ketua dan komisioner Bawaslu dan KPU.

Bahtiar Baharuddin menyatakan, kehadirannya memberikan semangat atas kesiapan pelaksanaan yang ada.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

"Karena saya tahu teman-teman KPU Sulsel dan Bawaslu Sulsel dan seluruh kabupaten dan kota sebenarnya mereka sudah siap semua. Tugas saya sebagai gubernur memberikan semangat bagi kawan-kawan, Insya Allah," sebutnya.

"Kemarin juga kita sudah berdoa juga dzikir. Mudah-mudahan semua lancar. Kita berdoa pada Allah Subhana Wata Ala, semoga semua lancar," imbuhnya.

Selanjutnya kepada awak media yang hadir, Bahtiar menyampaikan, ia akan memilih di TPS 01, Kelurahan Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makasssar.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Insya Allah semua berlangsung aman dan damai, Insya Allah kita berdoa," tuturnya.

Adapun Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, memaparkan terkait sistem media kita untuk prosesi rekap besok dan kesiapan pembangunan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kondisi cuaca.

"Kita sampaikan sejauh sampai siang tadi. Pembangunan TPS sudah berjalan sampai nanti malam. Dengan kondisi cuaca hari ini lumayan bersahabat," ucapnya.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

Ia melanjutkan, belum ada laporan di lapangan terkait pembangunan TPS bermasalah. "Berharap semoga kondisi cuaca besok curah hujannya tidak tinggi. Agar semua proses bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Sedangkan Komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad, menyatakan kedatangan Penjabat Gubernur untuk memastikan Pemilu dapat berjalan dengan baik.

"Untuk memastikan semua kesiapan Pemilu, baik kesiapan pelaksanan teknis maupun pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu sehingga kita berharap Pemilu ini dapat berjalan dengan baik," kata Syaiful Jihad.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Ini juga sebagai bukti bahwa koordinasi dan atensi pemerintah terhadap pelaksanaan Pemilu dikawal dengan baik.

Sebelumnya, Kajati Sulsel juga telah melakukan kunjungan koordinasi di Kantor Bawaslu yang terletak di Jalan Andi Pangerang Pettarani ini.

"Kemarin juga Kajati datang memastikan semua, ini bagian dari koordinasi yang terus berjalan antara penyelenggara Pemilu dengan Pemerintah daerah Sulawesi Selatan," sebutnya.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

Adapun Bawaslu, fokus pada pengawasan bagaimana memastikan proses penyelenggaraan Pemilu baik prosedur dan tata caranya dan pelaksanaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Prosedur Tetap (Protap).

"Di sisi lain adalah pihak-pihak yang punya potensi melanggar kita minimalisasi. Kita deteksi untuk meminimalisasi kita lakukan pencegahan. Sehingga Pemilu kita bukan hanya prosesnya berjalan dengan baik tetapi kualitasnya juga terjamin dengan baik," tandasnya. (*)

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin #Pemilu 2024 #KPU Sulsel