Senin, 12 Februari 2024 19:35

Pelantikan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Barru: Langkah Kuat Menuju Pemuda Berkarakter

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Barru: Langkah Kuat Menuju Pemuda Berkarakter

Suardi Saleh menyatakan keyakinannya bahwa pelantikan ini akan mengukuhkan Gerakan Pramuka Barru dalam hal manajemen dan sumber daya, serta mengembalikan semangat kegiatan kepramukaan di tingkat Gugus Depan dan Kecamatan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Suardi Saleh, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Barru, memimpin prosesi pengukuhan Majelis Pembimbing Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka di Lantai 6 MPP Kantor Bupati Barru, Senin (12/2/2024).

Pelantikan ini menjadi tonggak penting dalam memantapkan fondasi organisasi kepramukaan di Kabupaten Barru.

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyatakan keyakinannya bahwa pelantikan ini akan mengukuhkan Gerakan Pramuka Barru dalam hal manajemen dan sumber daya, serta mengembalikan semangat kegiatan kepramukaan di tingkat Gugus Depan dan Kecamatan.

Baca Juga : Napak Tilas Garongkong—Paccekke, Kenang Perjalanan Pejuang Menuju Kemerdekaan

"Melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua, kita dapat mengatasi segala tantangan dan rintangan. Gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter pemuda yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur," ujarnya.

Suardi Saleh menekankan pentingnya inovasi dalam kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir secara sistematis, terencana, dan berkelanjutan.

Hal ini sesuai dengan arahan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang menegaskan peran Majelis Pembimbing dalam memberikan bimbingan moral, organisatoris, materiil, finansial, dan konsultasi kepada seluruh tingkatan dalam Gerakan Pramuka.

Baca Juga : Bupati Barru Raih Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat di Baznas Awards

Bupati Barru yang juga dikenal dengan sebutan "Pemimpin Tanpa Sekat" ini mengingatkan para camat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka untuk aktif dalam mendukung pertumbuhan Gerakan Pramuka di Barru.

"Tantangan yang semakin kompleks menuntut peran aktif Gerakan Pramuka. Mari kita bersama-sama mengabdi sesuai dengan Satya Pramuka, yaitu 'Menolong sesama hidup dan ikut serta Membangun Masyarakat'," tambahnya.

Acara tersebut dihadiri oleh para pimpinan OPD, wakil ketua dan andalan cabang Gerakan Pramuka Barru, kepala Pusdiklatcab, anggota Korps Pelatih, serta camat dan pengurus ranting se Kabupaten Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Pantau Pemungutan Suara Ulang di TPS 1 Lawampang

Dalam penutupannya, Bupati Barru dan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Barru beserta jajaran pengurus menyampaikan apresiasi kepada para pembina kaum muda yang telah berkontribusi melalui kegiatan kepramukaan.

"Dengan demikian, kita menantikan karya dan bakti kakak-kakak dalam kepengurusan masa bakti 2024-2027," pungkasnya.

Pelantikan Majelis Pembimbing ini menegaskan komitmen Gerakan Pramuka Barru dalam membentuk pemuda yang berkarakter dan siap mengabdi bagi masyarakat.

#Pramuka Barru #suardi saleh