Selasa, 06 Februari 2024 10:10

Pekan Panutan Pajak, Bupati Gowa Ajak ASN dan Masyarakat Laporkan SPT

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Foto: Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Foto: Pemkab Gowa)

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Gowa untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) per 2023 dalam Pekan Panutan Pajak dengan harapan kontribusi pajak dapat mendukung pembangunan di daerah tersebut.

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Gowa segera melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) per 2023.

Adnan menyampaikan itu saat menerima kunjungan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantaeng di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (5/2/2024).

"Hari ini kita lakukan Pekan Panutan Pajak di Kabupaten Gowa sebenarnya untuk memberikan pesan kepada masyarakat kita, bahwa kalau kita saja melakukan pembayaran pajak dan melaporkan pajak SPT tahunan, kita harap masyarakat juga bisa segera melaporkannya," kata Adnan.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

Adnan menyebut pajak yang dibayarkan seluruh lapisan masyarakat akan kembali ke masyarakat melalui pembangunan, khususnya di Gowa. Dia pun mengingatkan agar selalu taat dalam membayarkan maupun melaporkan pajaknya.

"Kontribusi pajak yang kita bayarkan itu akan kembali untuk kita. Sudah menjadi kewajiban kita untuk membayar pajak dan uang itu akan kembali dan kita pakai untuk pembangunan di Kabupaten Gowa ini," jelasnya.

Dia berharap kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya bersama KPP Pratama Bantaeng ini bisa meningkatkan capaian pajak di Gowa sehingga ke depan pembabgunan daerah makin meningkat dan berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Jalan Alternatif Pangkabinanga Pallangga Mulai Diuji Coba

"Jika tahun lalu kita mampu meraih di atas 93 persen, maka diharapkan tahun ini bisa diatas 96 persen masyarakat yang melaporkan SPT tahunannya sehingga pembangunan kita semakin meningkat berkat adanya kontribusi pajak dari kita semuanya," harapnya.

Kepala KPP Pratama Bantaeng, Falih Alhusnieka, mengatakan pencapaian SPT tahunan masyarakat Gowa tahun lalu berada pada angka 93,63 persen yang mayoritas dilakukan ASN dan karyawan swasta. Tahun ini yang dimulai dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa diharapkan bisa memotivasi masyarakat agar capaian sebelumnya bisa ditingkatkan.

Falih menyampaikan kontribusi pajak di Gowa mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari Rp288 miliar, kemudian pada 2023 naik menjadi Rp296 miliar atau 50 persen lebih dari penerimaan KPP Pratama Bantaeng. Pada 2024 ini pihaknya optimistis berapa pun target yang diberikan pemerintah pusat akan mampu dicapai.

Baca Juga : Bupati Gowa Cek Kehadiran ASN Pasca Libur Idul Fitri

"Untuk tahun 2024, jika Indonesia ini diramalkan pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, biasanya Sulawesi Selatan cenderung lebih tinggi, termasuk di Kabupaten Gowa. Karena itu, kami yakin berapa pun target yang dibebankan kepada kami, dengan dukungan sekalian sebagaimana selama ini sudah diberikan, akan mampu mendukung kami mencapai penerimaan 100 persen yang direncanakan," tuturnya.

#Pemkab Gowa #Pekan Panutan Pajak #adnan purichta ichsan