Jumat, 02 Februari 2024 09:10

Menko Perekonomian Dukung Tambahan KUR di Sulsel Jadi Rp30 Triliun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto (kiri), didampingi Penjabat (Pj)  Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, rumah jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (1/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto (kiri), didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, rumah jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (1/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, mendukung peningkatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi Rp30 triliun sebagai langkah mendukung ekonomi rakyat. Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengusulkan kenaikan kuota KUR untuk mendukung pertumbuhan sektor hortikultura, peternakan, dan perikanan, serta mempercepat akses keuangan daerah guna memacu pembangunan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan dukungannya terhadap upaya Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, dalam mengajukan tambahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke pemerintah pusat sebagai langkah menopang ekonomi rakyat.

KUR merupakan program yang telah lama ada dan bertujuan memberikan akses pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kemudian ada permintaan KUR untuk bisa ditingkatkan, saya katakan alokasi KUR itu tidak ada batas," kata Airlangga saat kunjungan silaturahminya di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga : Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah, Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Walikota Makassar

Dalam pertemuan tersebut, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengungkapkan pada 2023 telah ada Rp15 triliun jatah KUR untuk Sulsel. Dia kemudian meminta agar ditingkatkan menjadi Rp30 triliun.

"Dinaikkan ke Rp30 triliun, bahkan bisa dinaikkan lagi supaya masyarakat bisa memanfaatkan kredit usaha rakyat dengan bunga yang rendah," ungkap Bahtiar.

Usulan menaikkan kuota KUR di Sulsel ini untuk membantu petani dalam budi daya hortikultura. Banyak petani yang terkendala modal ketika ingin mengembangkan tanaman hortikultura, seperti pisang cavendish, sebagai ekosistem bisnis. Begitupun di sektor peternakan dan perikanan.

Baca Juga : ASN Lingkup Pemprov Sulsel Antusias Senam Ceria Bersama Pj Gubernur Prof Zudan

Bahtiar juga menyampaikan salah satu yang digenjot adalah menggerakkan percepatan akses keuangan daerah untuk mempercepat pembangunan. Diharapkan ada sumber keuangan alternatif selain investasi, yakni melalui KUR.

"KUR ini menjadi salah satu peluang kami untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi rakyat di Sulsel," ucapnya.

#airlangga hartarto #Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin