Minggu, 28 Januari 2024 18:03

Luwu Utara Jadi Kabupaten Penerima Manfaat Terbesar Program TPS3R di Selo Selatan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Luwu Utara  Jadi Kabupaten Penerima Manfaat Terbesar Program TPS3R di Selo Selatan

Indah yang merupakan istri Muhammad Fauzi mengungkapkan, Luwu Utara merupakan kabupaten yang paling banyak menerima program TPS3R di Sulsel.

RAKYATKU.COM -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mendampingi Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi, meresmikan gedung TPS3R di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke, Sabtu (27/1/2024).

Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle atau TPS3R merupakan pola pendekatan pengelolaan sampah dalam skala komunal atau kawasan yang melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat setempat melalui pendekatan pemberdayaan.

Hadirnya gedung TPS3R di Luwu Utara berkat perjuangan Muhammad Fauzi melalui program aspirasi.

Baca Juga : 17 Inovasi Resmi Dilaunching, Bupati Luwu Utara: Pastikan Menjadi Solusi

"erima kasih kepada Bapak Muhammad Fauzi dan juga kepada perwakilan Badan Penyedia Sarana Perumahan Kementerian PUPR atas kehadiran program pembangunan TPS3R di Kabupaten Luwu Utara," kata Indah.

Indah yang merupakan istri Muhammad Fauzi mengungkapkan, Luwu Utara merupakan kabupaten yang paling banyak menerima program TPS3R di Sulsel.

“Jadi tahun 2023 ada 7 gedung TPS3R. Salah satunya TPS3R yang baru kita resmikan. Dan Alhamdulillah kita bersyukur, seluruh pembangunan bisa selesai   di akhir tahun anggaran 2023 dan dirangkum pada bulan Januari. 2024,” jelas Indah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Minta Camat Stand By Pastikan Keselamatan Warga

Dengan hadirnya fasilitas tersebut, Bupati Wanita pertama di Korea Selatan ini berharap dapat memanfaatkannya dengan baik.

“Mari kita syukuri apa yang didapat. Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan memanfaatkannya dengan baik. Dengan adanya fasilitas ini, desa menjadi lebih bersih, sehat, karena sampah kering bisa dikelola dengan baik. mampu turut serta mengurangi sampah kering sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca penyebab pemanasan global,” harap Indah.

Lebih lanjut, Ia mengatakan pemerintah daerah dan pemerintah desa juga ikut ambil bagian dengan berkomitmen memberikan bantuan penggunaan fasilitas tersebut.

Baca Juga : Pendaftaran Masamba Run Resmi Dibuka, Target 2000 Pelari

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi mengatakan TPS3R diperuntukkan bagi desa atau kelurahan agar dapat mengelola sampah, khususnya sampah kering, agar bernilai tambah. Selain diharapkan dapat meningkatkan perekonomian, juga mampu menguraikan sampah rumah tangga, khususnya sampah kering.

Pria yang akrab disapa Abang Fauzi ini menambahkan, setiap program aspirasi yang dibawanya ke Luwu Utara selama ini tentunya sudah menyentuh seluruh desa, baik itu program bedah rumah, Sanimas, PAMSIMAS, P3A, dan program lain yang ada di mitra. Kementerian Komisi V.

#pemkab uuwu utara #Indah Putri Indriani #muhammad fauzi #Program TPS3R