Sabtu, 27 Januari 2024 07:15

Tim SAR Gabungan Temukan Pemancing Terjatuh dari Perahu di Perairan Batulotong Luwu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Proses evakuasi jasad Abdul Hapid (34), pemancing yang dilaporkan terjatuh dari perahu di perairan Batulotong, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat (26/1/2024 siang.
Proses evakuasi jasad Abdul Hapid (34), pemancing yang dilaporkan terjatuh dari perahu di perairan Batulotong, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat (26/1/2024 siang.

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan Abdul Hapid (34), pemancing yang terjatuh dari perahu di perairan Batulotong, Kabupaten Luwu, Sulsel. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar pantai karang Murante setelah proses pencarian selama tiga hari. Jasadnya telah dievakuasi serta diserahkan kepada keluarga.

RAKYATKU.COM, LUWU - Proses pencarian Abdul Hapid (34), pemancing yang dilaporkan terjatuh dari perahu di perairan Batulotong, Kabupaten Luwu, Sulsel, akhirnya membuahkan hasil. Tim Sar Gabungan menemukan korban, Jumat (26/1/2024) siang, di sekitar karang pantai, Desa Murante, Kecamatan Suli, Luwu.

"Tim SAR Gabungan telah menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia sekitar pantai karang Murante sejauh 1,7 nautikal mil arah barat laut tempat kejadian," kata Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Andi Sultan.

Sultan menyampaikan proses pencarian memasuki hari ketiga, SAR Gabungan memaksimalkan seluruh potensi yang ada dengan mengerahkan tiga perahu karet dan perahu nelayan melakukan penyisiran di area pencarian yang sudah dibagi. Sementara, lainnya berjalan kaki menyisiri pantai menuju arah barat Desa Murante.

Baca Juga : Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Selayar Diperpanjang Tiga Hari, 19 Korban Masih Hilang

Jasad korban akhirnya terlihat SAR Gabungan berada di sekitar pantai karang Murante dan langsung dilakukan evakuasi. "Korban sudah dievakuasi dan diserahkan ke pihak keluarga," ujarnya.

Sultan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan operasi sar.

Dia juga kembali mengimbau kepada warga yang hendak beraktivitas di perairan untuk selalu menyiapkan alat keselamatan dalam mencegah fatalitas apabila terjadi kondisi darurat.

Baca Juga : Tim SAR Dikerahkan Cari Nelayan yang Hilang di Perairan Luwu

"Semoga kejadian ini jadi pelajaran juga buat kita semua, supaya saat beraktivitas di wilayah perairan selalu memakai alat keselamatan diri berupa pelampung. Jika ada kondisi seperti terjatuh dari perahu, bisa meminimalkan risiko bahayanya," pesannya.

#Basarnas Makassar #Nelayan Tenggelam